skip to main | skip to sidebar

Pages

Senin, 20 Desember 2010

5 Negara Penanam Modal Terbesar di Indonesia


Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

VIVAnews - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita Wirjawan mengungkapkan lima negara menjadi investor asal penanam modal asing terbesar di Indonesia pada 2010.

"Kelima negara itu adalah Singapura, Inggris, Amerika Serikat, Korea Selatan dan Mauritius," kata Gita di Jakarta, Senin, 20 Desember 2010.
Menurut dia, kelima negara tersebut sebagian besar menanamkan modal di sektor infrastruktur, telekomunikasi, logistik, agroindustri, dan pertambangan.

Gita menjelaskan BKPM akan terus mendorong penanaman modal untuk pembangunan infrastruktur, khususnya pembangunan infrastruktur di luar pulau Jawa. Lima tahun terakhir, sebanyak 80 persen penanaman modal dilakukan di Pulau Jawa dan 20 persen di luar Jawa. Namun, pada 2010, porsi investasi di luar Jawa sudah meningkat menjadi 30 persen.

"Investasi PMDN juga sudah meningkat menjadi 25-30 persen," kata Gita.

Untuk 2011, Gita menargetkan investasi asing dan dalam negeri di Indonesia akan mencapai Rp 230 triliun atau naik 15 persen dari realisasi 2010 yang ditargetkan mencapai Rp200 triliun. "Target tahun depan kami tidak mau muluk-muluk," kata Gita Wirjawan di Jakarta, Senin 20 Desember 2010.

Untuk stimulus investasi PMDN, BKPM menargetkan tiga dari lima proyek Private Public Partnership (PPP) akan diberikan kepada investor dalam negeri. Tiga proyek itu antara lain, PLTU di Jawa Tengah, Water Treatment Unggulan di Jawa Timur dan Proyek rel kereta api Manggarai - Bandara Soekarno-Hatta. Total investasi ketiganya mencapai US$3-4 Miliar.

"Besok kami rapat dengan Wapres agar proyek di luar Jawa juga berjalan," katanya.

• VIVAnews

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...