skip to main | skip to sidebar

Pages

Sabtu, 29 Januari 2011

Kekalahan-Kekalahan Besar Dalam Sepak Bola

0 comments


Banyak sekali pertandingan sepak bola yang hanya menghasilkan sedikit gol, bahkan ada juga laga di mana tak satu kali pun bola bersarang di gawang. Namun tak jarang juga terjadi pesta gol dalam satu pertandingan.

Bulan Oktober lalu, hadir satu momen memalukan untuk klub papan atas Belanda, Feyenoord. Tanpa ampun mereka dilibas rivalnya di Eredivisie, PSV Eindhoven sepuluh gol tanpa balas!

Kekalahan tersebut merupakan yang terburuk dalam 102 tahun sejarah klub yang bermarkas di kota Rotterdam itu. Jawara 14 kali Liga Belanda itu pun kini terseok-seok di papan tengah klasemen.

Selain nasib buruk yang dialami Feyenoord, berikut ini adalah beberapa kekalahan-kekalahan besar yang pernah terjadi di lapangan hijau:

Arbroath 36-0 Bon Accord (1885)
Kesalahan administratif membuat klub kriket Aberdeen Orion diundang untuk bermain di Piala Skotlandia sebagai pengganti Aberdeen Orion FC, membuat Arbroath FC mampu mencatat rekor kemenangan terbesar di dunia sepak bola Inggris Raya.
Situasi tersebut terjadi karena memang banyak klub yang memainkan banyak cabang olahraga lain, tetapi gabungan para pemain kriket dari klub Orion menerima undangan tersebut dan mengadopsi nama Bon Accord untuk menandai debut sepak bola mereka.
Pemain Arbroath, John Petrie yang masih berumur 18 tahun kala itu, menghasilkan rekor 13 gol sementara laporan yang ada menunjukkan jika Bon Accord tidak satu kali pun melakukan tembakan ke arah gawang. Kiper Arboath, Jim Milne Snr bahkan sampai harus meminjam sebuah payung dari temannya di tribun penonton, sementara wasit Dave Stormont mengakui bahwa skor yang tercipta sudah cukup bagus untuk Bon Accord karena dia sudah "menghapus tujuh gol" atas dasar keputusan offside yang "sangat meragukan".
Bulan September 1987, Orion FC mampu memenuhi undangan yang sebenarnya ketika mereka lagi-lagi bersua Arbroath di putaran pertama Piala Skotlandia. Dan Arbroath masih menang dengan skor 18-0 kala itu.

Dundee Harp 35-0 Aberdeen Rovers (1885)
Ketika Arbroath mencatat kemenangan mereka atas Bon Accord dengan skor 36-0 pada 12 September 1885, Dundee Harp hampir saja menyamai rekor mereka melawan tim lain dari kota Aberdeen, di tempat lain yang berjarak kurang lebih 20 mil.
Wasit sebenarnya mencatat 37 gol ketika Harp menghancurkan Aberdeen Rovers, tetapi mantan sekretaris klub hanya mencatat 35, dan wasit - yang mengaku sudah berusaha keras untuk memantau catatan gol tersebut - akhirnya menulis 35-0 sebagai hasil resmi.

Preston 26-0 Hyde (1887)
Masih menjadi rekort dari pertandingan kompetitif di Inggris, adalah saat Preston mengalahkan Hyde - yang didirikan 2 tahun sebelumnya, 26-0 di putaran pertama Piala FA.
Kehebatan skuad Preston tidak terlepas dari peran Major William Sudell, seorang manajer pabrik kapas yang datang di klub tersebut ketika masih remaja tahun 1867 sebelum menjadi ketua klub. Dia melakukan revolusi di klub dengan memasukkan beberapa pemain dari Skotlandia.
Sudell, menjanjikan para pemain Skotlandia itu pekerjaan di pabrik miliknya disertai gaji untuk penampilan mereka. FA dengan tegas melarang hal tersebut dengan dalih profesionalisme. Tim Sudell pun didepak dari Piala FA tahun 1884 setelah menang atas Upton Park setelah klub asal kota London itu mengajukan protes bahwa Preston telah membayar para pemainnya secara legal.
Tahun 1885, kebijakan FA mengenai gaji pemain melunak, dan Sudell pun bersinar. Dengan skuad superior yang dimilikinya, Sudell mengadopsi formasi 2-3-5 dan menggunakan papan tulis untuk menjelaskan taktiknya, dan kemenangan atas Hyde tahun 1887 menggambarkan mereka sudah jauh lebih maju dibandingkan tim lain yang seangkatan.
Mereka memang kalah dari West Brom di final Piala FA Tahun itu dengan skor 3-1, tetapi mereka mengunci posisi mereka dalam sejarah di musim perdana Football League tahun 1988-1989, memenangkan liga dan piala domestik tanpa pernah kalah di mana mereka akhirnya dikenal dengan sebutan Invincibles.

Real Madrid 11-1 Barcelona (1943)
Perang sipil Spanyol telah menyulut ketegangan antara Madrid dan Barca di mana Los Azulgrana kemudian menjadi sebuah simbol Catalanism yang berdiri di seberang tim ibukota tersebut.
Perang tersebut menyebabkan pertandingan di antara kedua tim tersebut vakum tahun 1936 sampai 1939 dan, meski Barca memiliki catatan lebih baik di pertemuan awal pasca perang, Madrid mampu memenangi empat dari lima pertandingan sebelum pertandingan mereka yang terkenal di pentas piala domestik tahun 1943.
Pada laga semifinal Copa del Generalisimo - atau Copa del Rey selama pemerintahan Jenderal Francisco Franco - Barca menang 3-0 di kandangnya, stadion Les Corts pada leg pertama, diiringi siulan fans Catalonia pada pemain tim tamu.
Franco dikabarkan sangat marah akan hasil tersebut dan cerita yang berkembang menyebut, jelang leg kedua, direktur keamanan dalam negeri Spanyol telah memperingatkan para pemain Barca akan sikap patriotisme mereka yang kurang dan mengatakan bahwa mereka "bisa bermain karena kedermawanan rezim Franco". Para fans Madrid pun diberi peluit demi menurunkan semangat tim tamu mereka, dan Madrid memimpin 8-0 pada paruh pertama untuk menyudahi permainan dengan hasil 11-1 - yang masih menjadi kemenangan terbesar sepanjang sejarah klub.

Hungaria 7-1 Inggris (1954)
Melihat penampilan Ferenc Puskas yang gemuk ketika Hungaria tiba di Wembley tahun 1953, seorang pemain dari Inggris yang tidak diketahui identitasnya mengatakan sesuatu yang kemudian menjadi terkenal: "Lihat laki-laki gemuk yang mungil itu. Kita akan membantai tim ini."
Memang naif untuk mengatakan hal tersebut karena pada akhirnya, dengan reputasi Hungaria yang semakin berkembang di Eropa, mereka justru membantai Inggris dengan kemenangan 6-3 sekaligus mengakhiri reputasi tuan rumah yang tak terkalahkan selama 90 tahun ketika bermain di kandang melawan tim dari luar kepulauan Inggris.
Bulan Mei tahun berikutnya, Inggris pergi ke Budapest untuk mengembalikan martabat mereka. Di sana, mereka menderita kekalahan 7-1 , melampaui kekalahan 7-2 dari Skotlandia tahun 1878 dan masih menjadi kekalahan terburuk dalam sejarah mereka.

Manchester United 10-0 Anderlecht (1956)
Chelsea, menjuarai Liga Inggris tahun 1954-55, namun mengundurkan diri dari pertandingan Liga Champion Eropa periode pertama atas saran Alan Hardaker, sekretaris Football League. Sikapnya yang menentang kompetisi ini timbul karena sikap rasis terhadap Eropa dan juga keinginan untuk memastikan bahwa Liga Inggris masih menjadi trofi yang paling diinginkan para klub.
Ketika United memenangkan liga di tahun 1955-56, Matt Busby berniat ikut bagian pada kompetisi baru Eropa tersebut, dan menentang upaya Hardaker untuk mencegah mereka melakukannya. Skuad yang dikenal dengan nama Busby's Babes pun segera memberi kesan.
Pada 12 September 1956, United mengalahkan Anderlecht, juara Belgia, pada putaran pertama. Mereka menang 2-0 di Brussels lewat pertandingan ketat di mana kiper Ray Wood melakukan serangkaian aksi penyelamatan gemilang.
Pertandingan leg kedua diadakan di stadion Maine Road karena Old Trafford kekurangan lampu sorot. Pertandingan tersebut pun menjadi arena pembantaian dengan Dennis Viollet mencetak empat gol diikuti Tommy Taylor dengan tiga gol. Busby berencana membuat United menjadi tim terbaik dunia, tetapi mereka kalah 5-3 di laga semifinal tahun itu oleh sang juara, Real Madrid, yang kemudian mendominasi di periode awal kompetisi.

Hungaria 10-1 El Salvador (1982)
Hungaria merupakan tim pertama dan satu-satunya yang meraih kemenangan dengan dua digit di Piala Dunia ketika mereka mengalahkan El Salvador pada laga pembuka edisi 1982 di Spanyol.
El Salvador mengalami debut yang cukup sulit di tahun 1970, ketika mereka gagal mencetak gol di tiga kekalahan beruntun mereka. Pelatih Mauricio 'Pipo' Rodriguez masih memberi kesan yang positif atas kekalahan 10-1 mereka: "Saya senang sekaligus sedih. Saya senang karena kami berhasil mencetak gol pertama kami di Piala Dunia, tetapi jumlah gol dalam kekalahan kamilah yang membuat saya sedih ."

Spanyol 12-1 Malta (1983)
Kalah 2-1 dari Belanda dan menempati posisi kedua dari belakang pada kualifikasi Eropa tahun 1984 membuat Spanyol memiliki peluang kecil menuju putaran final di Prancis. Kedua tim berhadapan dengan Malta di partai terakhir, dan setelah Belanda menang 5-0 tanggal 17 Desember, Spanyol membutuhkan sebelas gol empat hari berikutnya jika ingin sampai ke final.
Tampak secercah harapan untuk Spanyol ketika mereka mencetak skor 3-1 pada paruh permainan pertama, dan secara luar biasa mereka mencetak sembilan gol lagi di sisa pertandingan.
Kiper Malta John Bonello menjadi figur yang terkenal di Spanyol dan di tahun 2006, dia menjadi bagian dari iklan bir Amstel di negara tersebut, dengan label el amigo perfecto, dan meski banyak dicerca di Malta, Bonello justru merasa 'tersanjung' karenanya.
"Bagaimanapun juga kekalahan 12-1 adalah fakta, tapi itu hanya pembuka menuju iklan tersebut," ucapnya kepada jurnalis Malta Today. "Kalian menilainya salah. Mereka memilih saya karena saya adalah atlet, bukan karena hasil dari pertandingan tersebut. Saya terpilih dari ribuan kandidat. Siapapun yang menganggap iklan itu sebagai penghinaan, justru berpikiran bodoh."

Manchester United 9-0 Ipswich (1995)
Meski tanpa pemain kunci Eric Cantona yang absen karena skors untuk waktu yang lama, United membukukan kemenangan terbesar mereka di Liga Premier ketika mereka membantai Tractor Boys di Old Trafford dengan lima gol dicetak Andy Cole dan dua lagi oleh Mark Hughes. Walau demikian Blackburn masih memimpin klasemen sementara, dan striker Alan Shearer tak peduli dengan performa United. "Tidak ada laga yang mudah di Liga Premier," terangnya, "kecuali jika Anda melawan Ipswich di kandang."
United menyelesaikan musim itu dengan terpaut satu poin di belakang Blackburn sedangkan Ipswich menempati posisi bawah dengan kebobolan 93 gol.

Australia 31-0 American Samoa (2001)
Kemenangan tunggal American Samoa hingga saat ini terjadi ketika melawan Wallis and Futuna tahun 1983, dan mereka kalah 13-0 serta 9-0 masing-masing melawan Fiji dan Samoa di kualifikasi Piala Dunia 2002 sebelum melawat ke kandang Australia.
"Takut bukan kata-kata yang tepat," terang pelatih American Samoa, Tunoa Lui sebelum perjalanan. "Kami akan meminta pertolongan dari atas. Kami meminta Tuhan untuk memperkecil skor."
The Socceroos, yang baru saja menang 22-0 atas Tonga, membutuhkan waktu sepuluh menit untuk membuka pundi gol mereka kala itu, namun mereka sudah menyarangkan empat gol di menit 14. Archie Thompson menyelesaikan pertandingan tersebut dengan melesakkan 13 gol, dan kebingungan pun mencuat akan jumlah gol yang tercipta dan FIFA pun sampai harus menunggu laporan wasit sebelum membenarkan hasil pertandingan.
Membukukan 53 gol tanpa kebobolan di dua pertandingan pembuka kualifikasi grup Oceania, boss Australia Frank Farina tidak terkesan dengan standar lawan mereka dan Australia pun memilih untuk hijrah ke Federasi Sepak Bola Asia di awal tahun 2006.

AS Adema 149-0 Stade Olympique de L'Emyrne (2002)
Asosiasi sepak bola Madagaskar memutuskan untuk melarang beberapa pemain SO l'Emyrne dan pelatihnya, setelah mereka memutuskan untuk memprotes keputusan wasit yang membuat mereka kehilangan gelar juara dengan cara menembakkan bola ke gawang mereka sendiri.
Juara bertahan SO l'Emyrne ditahan imbang 2-2 oleh Domoina Soavina Atsimondrano oleh keputusan penalti yang kontroversial di menit akhir dalam turnamen bersistem round-robin untuk menentukan gelar juara liga.
Hasilnya, mereka memilih untuk menggunakan pertandingan terakhir mereka melawan sang juara yang baru, Adema, untuk menjelaskan posisi mereka. Para pemain Adema tidak mencetak gol-gol tersebut. Mereka hanya berdiri terpana, melihat sang lawan mencetak sejarah kekalahan kompetitif terbesar sepanjang sejarah dunia sepak bola.

sumber : Bola.net - Oleh: Ronny Wicaksono

Review: Jepang Kini Sang Penguasa Asia

0 comments
Lee Tadanari (c) AFP
Lee Tadanari (c) AFP

Jepang milik arahan Alberto Zaccheroni berhasil menorehkan sejarah di Piala Asia, setelah mereka menang tipis 1-0 dari Australia di Final dengan gol di babak perpanjangan waktu, Minggu (30/11).

Ketika Final Piala Asia 2011 dipanggungkan, Jepang dan Australia sama-sama ngotot untuk menorehkan sejarah, maka tak heran jalannya laga langsung bertempo cepat setelah wasit meniup peluit kick off.

Australia melakukan gebrakan cepat, Harry Kewell langsung menjadi pemain pertama yang melakukan shoot on goal ketika tembakan keras dari luar kotak penaltinya masih mampu diamankan oleh kiper Jepang, Kawashima.

McKay kembali menghadirkan ancaman bagi pertahanan Jepang ketika ia menemukan ruang yang cukup terbuka di samping kiri, namun tembakannya masih melebar saja.

Jepang kemudian balik memegang kendali, serunya laga mulai terasa ketika Samurai Biru bisa mengimbangi dengan juga sering menebar serangan, dan akhirnya kedua belah tim pun mampu saling jual beli serangan.

Mulai dari Endo dan Keisuke Honda beberapa kali kerap merepotkan pertahanan dari Australia, sayangnya ketika wasit meniup peluit tanda interval 45 menit babak pertama tetap saja skor masing 0-0.

Babak kedua kembali dimulai sesaat kemudian Australia kian trengginas demi ambisi menjadi juara Piala Asia untukn kali perdananya, Kewell dan Cahill menjadi tokoh utama dengan peluang-peluang mereka.

Gelandang Australia, Wilkshire, melepaskan umpan silang yang membahayakan kiper Jepang dan menghadirkan situasi kemelut di garis gawang, bola sempat diklaim pemain Aussie telah melewati garis, namun wasit tak bergeming.

Tak patah arang dengan hal itu, pasukan negeri kanguru terus tancap gas, Jepang sempat tertekan, namun sesekali juga melakukan serangan balik, salah satunya tembakan jarak jauh Honda yang masih bisa ditepis Schwarzer.

Kiper Jepang Kawashima nampaknya layak dijadikan sebagai kandidat man of the match laga ini, tercatat dua kali ia mengagalkan peluang yang begitu matang dari Harry Kewell, mantan pemain Leeds tersebut sempat menyerobot bola pendek bek Jepang, namun sang kiper menggagalkan aksinya.

90 menit laga berakhir waktu normal, skor masih tetap 0-0 tak pelak wasit memberikan babak tambahan ekstra, di 15 menit babak tambahan pertama Jepang bisa dibilang begitu beruntung.

Dua kali penyelamatan kiper Kawashima yang terbilang luar biasa membuat mereka selamat, dan belum terjebol gawangnya oleh Australia.

Robbie Kruse yang baru saja masuk sebagai pengganti Kewell menanduk bola crossing Bret Emerton, namun Kawashima mampu meninju bola yang 90 persen harusnya sudah mengarah masuk.

Gol akhirnya tercipta di babak kedua waktu tambahan, sebuah skenario serangan balik Jepang dari sisi kiri lapangan, membuat Yuto Nagatomo mampu mengirimkan umpan silang ke kotak penalti.

Pemain pengganti Tadanari Lee yang berdiri bebas dan tak terkawal, menyambut bola crossing tersebut dengan sebuah sepakan first time yang cantik, bola menembus gawang Scwarzer yang hanya bisa terkesima.

Ketika wasit meniup peluit panjang, para pemain Samurai Biru langsung berhamburan merayakan kemenangan mereka, Jepang bersama Alberto Zaccheroni berhasil menorehkan sejarah baru, Jepang menjadi negara yang paling banyak mengoleksi gelar juara Piala Asia yakni sebanyak 4 kali.

sumber : http://www.bola.net/bola_dunia_lainnya/review-jepang-kini-sang-penguasa-asia-cf1788.html

Gaun Anne Hathaway Melorot!

0 comments

Anne Hathaway @ splashnews.com

Oscar 2011 kali ini bakal seru! Bahkan, sebelum Oscar dimulai pun, sudah ada kejadian yang cukup memalukan bagi sang host, Anne Hathaway. Ketika menyerahkan penghargaan, gaun Anne melorot!

Namun tenang, kejadian memalukan ini terjadi di iklan yang dibuat untuk mempromosikan Oscar tahun ini. Dalam iklan ini, terlihat Anne yang akan menyerahkan penghargaan di atas panggung. Tak disangka, gaun yang dikenakannya melorot dari bahunya.

Partnernya dalam membawakan Oscar, James Franco, pun segera berlari dan menyelimuti Anne dengan selimut berwarna merah, menyelamatkannya dari rasa malu di depan para penonton.

Sebelumnya, kedua aktor dan aktris yang didaulat menjadi host ini terlihat sedang nge-gym berdua. Yang unik, ketika latihan angkat berat, bukannya barbel yang mereka gunakan untuk melatih otot, namun adalah sebuah piala Oscar! Keduanya juga mengenakan kaus yang bertuliskan 'Oscar Host in Training'.

Acara penghargaan bergengsi bagi insan perfilman dunia ini akan diadakan 27 Februari nanti, dan dihadiri oleh banyak pelaku bisnis perfilman ternama. Semoga nggak melorot beneran ya gaun Anne nanti!

sumber : http://id.omg.yahoo.com/news/ups-gaun-anne-hathaway-melorot-khjx-0000354522.html

Arti Tetesan Getah Pinus

0 comments
kajianpinus.1Tragedi Tanjung Priuk terulang lagi, tetesan darah tercecer dimana-mana, bahkan menimbulkan korban jiwa. Sementara untuk menyelamatkan korban lain diperlukan  transfusi darah yang berasal dari tetesan darah para pendonor.  Pada saat itu darah sangat berarti, sehingga dengan cara apapun bahkan dengan harga berapapun keluarga korban berani membayar mahal asalkan korban bisa diselamatkan. ”Setetes Darah Selamatkan Jiwa”& slogannya PMI.

Lalu apa kaitanya dengan tetesan getah pinus ?.... Mungkin agak tragis ilustari diatas, namun jika kita melihat begitu banyaknya manfaat getah pinus bagi kehidupan kita dan khususnya bagi perusahaan dalam menyelamatkan pencapaian target pendapatan, maka Perhutani bisa membuat slogan ” Setetes Getah Selamatkan Perhutani”.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Perum Perhutani sudah lama (lama sekali.....) mengelola getah pinus dan mengolahnya menjadi gondorukem dan terpentin. Banyak manfaat yang diperoleh dari tetesan getah pinus baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung tentunya bagi perusahaan dapat diperoleh tambahan penghasilan (setelah diproses menjadi gondorukem dan terpentin) dimana pada tahun 2009 memberikan kontribusi sebesar 28% dan pada tahun 2010 ini direncanakan sebesar 22% dari total pendapatan perusahaan atau 93,5% dari total pendapatan non kayu. Sementara bagi masyarakat (penyadap), diperoleh manfaat berupa penghasilan dari upah penyadapan. Sedangkan manfaat tidak langsung dari getah pinus (setelah diproses menjadi gondorukem, terpentin dan derivatnya), digunakan sebagai bahan campuran pembuatan cat, lem, pelapis kertas, flitur, bahan ebonit, bahan pengawet makanan, bahan baku pembersih lantai, bahan campuran lipstik, semir sepatu, sabun, pelapis coklat dsb, dan yang terakhir karena getah pinuslah Direktur Insar mendapatkan gelar doktor. Dengan banyaknya manfaat dari bahan baku getah pinus tersebut, maka permintaan pembelian gondorukem dan terpentin terus meningkat, apalagi kualitas gondorukem Indonesia (Perum Perhutani) yang berasal dari pohon pinus jenis merkusii memiliki kandungan asam (keasaman) yang rendah dan kemampuannya menahan suhu tinggi serta tingkat kelengketan dan aromanya yang sangat disukai konsumen (Handadhari, 2006). Namun demikian permintaan yang meningkat tersebut belum bisa dipenuhi oleh Perum Perhutani.

Getah pinus merupakan sekresi hasil metabolisme sekunder yang dialirkan ke seluruh bagian pohon dan hasil metabolisme primernya digunakan untuk pembentukan sel-sel baru (ranting, cabang). Melalui proses pelukaan pada bagian kayu gubal (2-3 cm) maka getah tersebut dapat keluar. Namun demikian karena getah pinus adalah ”barang gaib” maka keluarnya tidak dapat dipastikan, sehingga target produksi getah pinus yang setiap tahunnya ditetapkan, untuk realisasinya masih dalam bayang-bayang. Lain halnya dengan kayu yang akan di tebang, berapa volume yang akan dihasilkan melalui klem sudah dapat diketahui target yang akan diperoleh.

Produksi getah pinus Perum Perhutani dari potensi tanaman yang disadap sebagaimana tergambar dalam grafik dibawah, dalam 5 tahun terakhir (2005-2009) rata-rata per tahun hanya mencapai 81.801 ton. Adapun realisasi produksi getah pinus tahun 2002-2009 adalah sebagai berikut :

kajianpinus.2
Pada gambar diatas dapat dilihat fluktuasi produksi getah pinus, dimana pada tahun 2002 – 2004 realisasi produksi getah pinus rata-rata mencapai 87.000 ton yang didominasi oleh Unit I dan Unit II, sedangkan pada tahun 2006 produksi getah pinus dapat mencapai puncak sebanyak 92.823 ton. Sementara pada tahun 2005, 2007, 2008 dan 2009 realisasi produksi berada dibawah tahun sebelumnya.

Pencapaian produksi getah pinus dalam rentan waktu tersebut, sangat mempengaruhi kinerja pabrik gondorukem dan terpentin (PGT). Jika dilihat dari rata-rata realisasi produksi getah pinus 5 tahun terakhir (2005-2009) yaitu 81.801 ton, sementara kapasitas PGT sejumlah 110.595 ton/tahun, maka setiap tahunnya terjadi defisit pasokan getah sebanyak 28.794 ton. Adapaun perinciannya sebagai berikut :
kajianpinus.3

Kondisi ini sangat disayangkan karena ketiadaan getah yang dimasak oleh PGT, dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

Guna memenuhi kebutuhan kapasitas PGT dan pencapaian quantum leap, produksi getah pinus tahun 2010 ditarget sejumlah 89.493 ton (13% lebih tinggi dari target 2009), tahun 2011 sejumlah 95.000 ton, tahun 2012 sejumlah 100.000 ton, tahun 2013 sejumlah 105.000 ton dan tahun 2014 sejumlah 110.000 ton. Sedangkan berdasarkan Rencana Jangka Panjang (RJP) Perusahaan tahun 2008 – 2012, telah ditetapkan sebagai berikut :
kajianpinus.4

Dapat tercapaikah target-target tersebut dan Apa yang harus dilakukan ?

Berbekal pengalaman yang cukup lama dalam penyadapan getah pinus dan pencapaian produksi seperti tergambar diatas, walaupun getah pinus merupakan ”barang gaib ” tentunya target-target yang telah ditetapkan harus dicapai guna menyelamatkan RKAP. Untuk mendukung pencapaian target, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan diantaranya yaitu perbaikan potensi sumberdaya hutan baik jumlah pohon per hektarnya dan perlakuan terhadap pohon itu sendiri guna meningkatkan produktivitas pohon dan hutan, penambahan luas tanaman pinus pada areal-areal yang memungkinkan serta perbaikan upah sadap khususnya pada wilayah yang aksesibilitasnya sulit dan persaingan upah dengan usaha lain.

Untuk data berikut, mungkin dapat digunakan sebagai bahan evaluasi yaitu hasil audit SDH tahun 2008, total luas hutan yang ditanami pohon pinus (di dalam dan luar kelas perusahaan) sejumlah 274.330 ha terdiri dari KU I seluas 49.761 ha, KU II seluas 32.634 ha dan di hutan lindung seluas 34.801 Ha. Sedangkan sisanya adalah KU III up. Jumlah pohon rata-rata yang disadap dalam 5 tahun terakhir (2005-2009) adalah 30.735.568 pohon.

sumber : http://unit3.perumperhutani.com/

Kamis, 27 Januari 2011

"CARA MENANAM KELAPA GADING YANG BENAR"

0 comments

"Kelapa gading" dengan nama Lathin Cocos Nucifera Varietes Eburnea, pohon "kelapa" yang paling cepat berbuah dan paling sesuai untuk ditanam di pekarangan sendiri untuk keperluan dapur sehari-hari."

"Kelapa Gading" juga dapat berfungsi sebagai tanaman hias. "Kelapa" yang kendil tumbuhnya ini juga indah dipandang mata, apa lagi kalau sudah keluar buah-buahnya yang berwarna kuning "gading"

Apabila dibandingkan dengan "kelapa" biasa, air degan "kelapa gading" lebih manis rasanya dan berbau harum. Daging buahnya dapat pula dimakan sebagai "kelapa", karena memang "kelapa".

"Kelapa gading" sudah dapat berbuah pada umur 3 - 4 tahun. Jadi lebih cepat apabila dibandingkan dengan "kelapa" biasa yang baru berbuah pada umur 6 - 8 tahun. Namun sayang.... Setelah berumur 15 tahun kemampuan berbuahnya sudah habis, sehingga pada umur 11 tahun, anda harus sudah mulai meremajakannya buat mengganti pohon tua yang sebentar lagi mau purna tugas itu.


PENYIAPAN TANAH UNTUK MENAMAM "KELAPA GADING"

Supaya dapat menanam "kelapa gading" dengan baik, pilihlah bagian kebun anda yang letaknya paling tinggi, supaya anda dapat mempunyai lubang penanaman yang cukup dalam (dan tebal) tanahnya. Tanah yang tebalnya kurang dari satu meter dan tanah yang tergenang air berhenti selalu menghambat pembentukan akar-akar. Padahal tanaman "kelapa gading" sangat membutuhkan air yang tidak mandek (berhenti). Hal ini dapat terpenuhi kalau "kelapa gading" ditanam di tanah yang cukup dalam, cukup gembur dan subur. Kalau kebutuhan ini tidak dapat terpenuhi, maka "kelapa gading" ini pertumbuhan akar-akarnya tidak akan sempurna, maka daunnya akan menguning, bunga-bunganya akan rontok buahnya kurang dan permasalahan-permasalahan lain akan timbul.

PENANAMAN BIBIT "KELAPA GADING".

Sebelum menanam bibit (biji) "kelapa gading" di tempat penanaman yang tetap, semaikanlah dulu penanamannya yang diberi pelindung secukupnya. Bibit "kelapa gading" yang bagus, apabila biji-biji "kelapa gading" itu dikocok-kocok dekat telinga, akan jelas sekali berbunyi nyaring airnya. Letakkan bibit "kelapa gading" itu mendatar dan tutuplah dengan tanah sedalam kira-kira 3/4 bagian dari buah itu. Setelah itu kemudian sebaiknya ditutup dengan jerami atau rerumputan kering supaya tunas yang nanti muncul tidak akan menderita karena teriknya sinar matahari dan kering layu. Sebaiknya menyemaikan bibit "kelapa gading" ini pada akhir musim kemarau, supaya beberapa bulan kemudian apabila biji itu bertunas dan dipindahkan ke tempat penanamannya yang tetap, sudah berada pada permulaan musim hujan. Jadi dapat tumbuh dengan pesat.


PEMINDAHAN BIBIT "KELAPA GADING".

Biasanya setelah dua bulan, biji itu akan bertunas dan beberapa bulan kemudian kalau sudah ada daun-daun yang terbentuk sebanyak 4 helai, bolehlah dipindahkan ke tempat penanamannya yang tetap. Waktu pemindahan yang paling baik ialah pada permulaan hujan tadi. Namun sekitar 3 bulan sebelumnya anda harus sudah mempersiapkan lubang penanamannya terlebih dahulu, yang berukuran 50 X 50 X 50 cm.

Apabila ingin menanam pohon "kelapa gading" lebih dari satu pohon, galilah lubang penanaman dengan jarak 7 meter, antara masing-masing lubang. Setelah tanah galian ini diangin-anginkan di pinggir lubang selama 3 minggu, campurlah lapisan atas yang hendak dikembalikan ke dalam lubang lagi itu dengan pupuk kandang sapi kering yang sudah dingin, sebanyak satu kaleng minyak tanah 20 literan.


PEMELIHARAAN TANAMAN "KELAPA GADING".

Pada saat tanaman "kelapa gading" ini muda, kadang-kadang akan diserang cendawan Paslalozzia, yang akan mengakibatkan daun-daun menjadi blorok...... Semprotlah dengan 0,5 % Shell Coppoi Fungicide, 50 % Cu.WP, sebagai penjagaan. Sebaiknya penyemprotan ini diulangi 2 - 3 kali, dengan jarak antara 2 bulan. Apabila "kelapa gading" sudah berumur 2 tahun, tanah sekitarnya perlu ditutup dengan cara ditanami dengan tumbuh-tumbuhan penutup tanah yang tidak mengganggu, seperti Sikejut (Mimosa invisa), dan lain-lain.

Perawatan selanjutnya hanya berupa penyiraman-penyiraman rerumputan sekitar batang supaya bersih tanahnya dicangkul di sana sini yang masih terbuka diantara tumbuh-tumbuhan penutup tanah tadi. Namun apabila penutup tanah tadi memang sudah bagus, maka rerumputan liar yang mengganggupun biasanya tidak dapat tumbuh.

Biasanya setelah berumur 3 tahun, tanaman "kelapa gading" akan berbunga, mulailah ia akan diserang bermacam-macam hama serangga. Namun sebelum hama tersebut meraja lela, sebaiknya anda turun tangan mencegah serangga dengan penyemprotan insektisida seperlunya. Serangga yang biasanya menyerang "kelapa gading" dapat dicegah dengan semprotan 2 % Dieldrin 50 % W.P. dan penyemprotan ini harus dilakukan secara teratur tiap dua bulan sekali sampai buah-buahnya nampak jelas sudah jadi buah betul yang besar-besar dan tidak rontok.


PEMETIKAN HASIL BUAH "KELAPA GADING".

Saat terbentuknya buah itu sangat penting untuk diingat-ingat, supaya kelak kalau mau memetik buahnya tidak terlalu awal atau terlambat. Biasanya setelah sekitar 10 bulan (dihitung dari saat pembentukan buah)..... Tibalah saatnya yang paling tepat untuk memetik buah "kelapa gading". Pada saat ini buah "kelapa gading" mempunyai daging yang paling tebal.

Untuk mengusahakan supaya pohon "kelapa gading" yang normal dapat menghasilkan buah kopyor, diantara buah-buah lain yang normal, tidak ada cara eksak yang benar-benar dapat menjamin keberhasilan usaha ini. Memang ada desas desus yang tidak formal, yang dilancarkan di kalangan per "kelapa"an, bahwa "kelapa" biasa dapat dibuat kopyor, apabila pohonnya dipukuli sampai setengah mati (pemukulannya yang setengah mati). Akan tetapi prosedurnya harus dilakukan pada malam bulan purnama, sebab kalau tidak pada bulan purnama, maka para penganjur "kelapa" "kelapa" kopyor tidak mau ikut bertanggung-jawab. Menurut perkiraan, pohon itu musti kopyor...... Masak sudah dipukuli setengah mati, kok tidak kopyor.........


Barangkali dapat dilogikakan........... Bahwa dengan dipukulinya pohon itu, lantas luka. Kemudian terkena infeksi cendawan-cendawan tertentu yang dapat menyebabkan pembentukan daging buah yang tidak sempurna. Lantas ada yang kopyor. Bagi yang percaya, usaha ini memang dapat berhasil. Namun bagi yang tidak percaya, dapat tidak berhasil..... Hanya bagi yang setengah-setengah sajalah, kadang berhasil dan kadang juga tidak.........

Selamat mencoba untuk bertanam "kelapa gading".......... Semoga berhasil...............

sumber : http://laely-widjajati.blogspot.com/2010/03/cara-menanam-kelapa-gading-yang-benar.html

Durian Unggul

0 comments

Manfaat Durian

Buah durian banyak digemari di kota-kota besar untuk dikonsumsi sebagai makanan buah segar dan olahan lainnya. Pada lahan-lahan yang miring tanaman durian dapat digunakan sebagai pencegah erosi. Batangnya bisa diolah untuk bahan bangunan/ perkakas rumah tangga. Biji Durian memiliki kandungan pati cukup tinggi, berpotensi sebagai alternatif pengganti makanan (dapat dibuat bubur yang dicampur daging buahnya). Kulit dipakai sebagai bahan abu gosok yang bagus, dibuat dengan cara menjemurnya sampai kering dan dibakar hingga hancur menjadi abu.
Sejarah Singkat Tanaman Durian

Tanaman durian termasuk famili Bombaceae sebangsa pohon kapuk-kapukan. Yang lazim disebut durian adalah tumbuhan dari marga (genus) Durio, Nesia, Lahia, Boschia dan Coelostegia. Durian merupakan tanaman buah berupa pohon. Sebutan durian diduga berasal dari istilah Melayu yaitu dari kata duri yang diberi akhiran -an sehingga menjadi durian. Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut buah yang kulitnya berduri tajam. Tanaman durian berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan yang berupa tanaman liar. Penyebaran durian ke arah Barat adalah ke Thailand, Birma, India dan Pakistan. Buah durian sudah dikenal di Asia Tenggara sejak abad 7 M. Nama lain durian adalah duren (Jawa, Gayo), duriang (Manado), dulian (Toraja), rulen (Seram Timur). Di Indonesia, tanaman durian terdapat di seluruh pelosok Jawa dan Sumatra. Sedangkan di Kalimantan dan Irian Jaya umumnya hanya terdapat di hutan, di sepanjang aliran sungai. Di dunia, tanaman durian tersebar ke seluruh Asia Tenggara, dari Sri Langka, India Selatan hingga New Guenea. Khusus di Asia Tenggara, durian diusahakan dalam bentuk perkebunan yang dipelihara intensif oleh negara Thailand.

Sejak munculnya durian bangkok tahun 1980-an dan diikuti dengan munculnya durian unggul lokal, pengembangan bercocok tanam durian semakin cepat. Thailand yang selama ini dikenal sebagai penghasil buah-buahan tropis terkemuka di dunia ternyata hanya mengembangkan empat varietas unggul, yakni mon thong, chance, kan yao, dan kradum thong. Varietas mon thong dan chanee, telah diintroduksi ke Indonesia dan dilepas Menteri Pertanian sebagai otong dan kani. Saat ini ada puluhan durian yang diakui keunggulannya oleh Menteri Pertanian dan disebarluaskan kepada masyarakat untuk dikembangkan. Macam varietas durian tersebut adalah: durian sukun (Jawa Tengah), petruk (Jawa Tengah), sitokong (Betawi), simas (Bogor), sunan (Jepara), otong (Thailand), kani (Thailand), sidodol (Kalimantan Selatan), sijapang (Betawi), sihijau (Kalimantan Selatan), raja mabah (Kalimantan Barat), sawah mas (Kalimantan Barat), dan sebagainya.
Varietas-varietas Durian Unggul
Durian Kani

Pohon induk diintroduksi dari Thailand berasal dari varietas chanee. Tajuk tanaman tidak cepat melebar karena percabangannya cenderung mengarah ke atas. Buahnya berbentuk bulat dan beralur 4-5. Warna kulit buahnya kuning kecoklatan. Duri kulit buahnya berbentuk kerucut dan tersusun agak rapat. Sifat buah agak sukar dibelah. Berat buah 1 - 1,5 kg. Dalam setiap buah terdapat 4-6 juring dengan jumlah pongge 5-18 butir. Biji sempurna ada 5-12 butir, berbentuk lonjong dan berukuran kecil. Daging buah cukup tebal, kering, berlemak, bertekstur halus, berwarna kekuningan, dan beraroma sedang tidak terlalu tajam. Tanaman durian kani agak peka terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah. Durian Kani akan mulai berbuah pada umur 5-8 tahun, dan pada pohon yang berumur 7 tahun dapat memproduksi 15 - 50 buah per tahun dan kemampuan berbuahnya dapat beberapa kali setahun.
Durian Otong

Durian otong diintroduksi dari Thailand berasal dari varietas mon thong. Tajuk tanaman tidak cepat melebar karena percabangannya cenderung mengarah ke atas. Buahnya berbentuk memanjang dengan bagian ujung dan pangkalnya meruncing dan beralur 4-5. Warna kulit buah hijau kekuningan. Sifat buahnya sukar dibelah. Duri kulit buahnya berbentuk kerucut, berukuran kecil, dan bersusunan agak rapat. Berat buahnya 1 - 1,5 kg. Ketebalan kulit buah sekitar 4 - 6 mm. Dalam setiap buah terdapat 4 - 6 juring dengan jumlah pongge ada sekitar 5 - 10 butir. Bijinya berbentuk lonjong pipih dengan ukuran sedang. Daging buah tebal, kering, kurang berlemak, berwarna kuning, bertekstur sangat halus, beraroma tidak begitu tajam, dan berasa sangat manis. Keadaan daging buahnya yang tebal oleh masyarakat Thailand dijuluki mon thong, selain itu durian otong juga dijuluki golden pillow (bantal emas). Durian otong mulai berproduksi 5 - 8 tahun, dan dapat berproduksi 20 - 50 buah per pohon per musim panen. Tanaman ini tahan terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.
Durian petruk

Durian ini berasal dari Randusari, Jepara, Jawa Tengah. Buahnya berbentuk bulat telur dengan warna hijau kekuningan. Dari kulitnya berbentuk kerucut kecil dan rapat. Sifat buah agak sukar dibelah. Buahnya berukuran sebesar kelapa gading dengan penampilan sangat menarik. Bobot buahnya antara 1 – 2,5 kg. Kulit buah tebalnya 3 mm. Terdapat 5 juring pada setiap buah dengan 5 – 10 pongge. Biji lonjong berukuran kecil. Daging buah agak tebal, berlemak, berwarna kuning, bertekstur agak lembek, berserat halus, beraroma sedang atau tidak begitu tajam. Pohon durian petruk yang berumur 150 tahun dapat menghasilkan produksi buah antara 50 – 150 buah per tahun per pohon. Varietas ini sangat tahan terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.
Durian raja mabah

Varietas ini berasal dari Mabah, Kalimantan Barat. Tinggi pohon mencapai 35 m dengan lebar tajuk 20 m, dengan bentuk tajuk menyerupai payung sampai kerucut. Bentuk buah lonjong serta beralur dalam. Warna kulit buah hijau dengan tebal 1 – 1,3 cm. Duri buah berbentuk kerucut dan bersusun agak jarang. Sifat buah mudah dibelah. Pada setiap buah terdiri dari 5 juring dengan 14-18 pongge. Warna daging buah kuning dengan tebal 1,5 – 2,0 cm, tekstur halus, kering, aroma harum, dan warna berasa manis gurih. Biji sempurna ada 10-15 butir per buah. Pada pohon berumur 100 tahun dapat berproduksi mencapai 150-200 buah per tahun. Varietas ini tahan terhadap hama penggerek buah dan penyakit busuk akar.
Durian sidodol

Varietas ini berasal dari Karang Intan, Kalimantan Selatan. Tajuk pohon berbentuk kerucut. Bentuk buah bulat dengan warna hijau kekuningan. Duri kulit buah berbentuk kerucut dan tumpul dengan susunan rapat. Sifat buah agak mudah dibelah. Berat buah 1,5-2,5 kg. Tebal kulit buah 1,1 cm. Dalam setiap buah terdapat 5 juring dengan jumlah pongge 20-25 butir. Biji tidak sempurna ada 15-20 butir. Bijinya lonjong, kecil, berat rata-rata 13,3 gram. Warna daging buah kuning mengkilat, tebal 1,2 cm, tekstur halus, agak lembek, aroma harum dan rasa manis gurih. Pada pohon berumur 100 tahun produksi buahnya dapat mencapai 100-200 buah per tahun. Varietas ini tahan terhadap penyakit busuk batang dan hama penggerek buah.
Durian sawah mas

Durian ini berasal dari Mabah, kalimantan Barat. Tinggi pohon dapat mencapai 25 m dengan tajuk menyerupai payung sampai kerucut. Bentuk buah bulat dengan ujung meruncing. Warna kulit buah berwarna hijau dengan ketebalan 1-1,3 cm. Duri buah berbentuk kerucut dengan susunan agak jarang. Berat buah 2,5-4 kg. Sifat buah mudah dibelah. Pada setiap buah terdapat 5 juring yang berisi 12-16 pongge. Warna daging buah kuning, kering, bertekstur halus, berasa manis gurih, dan beraroma harum. Pada setiap buah terdapat 12-14 biji sempurna dengan bentuk bulat lonjong. Pada pohon yang berumur 100 tahun produksi buah dapat mencapai 150-200 buah per tahun. Varietas ini tahan terhadap penyakit busuk akar.
Durian matahari

Varietas ini berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Tinggi durian matahari ini mencapai 20 m dengan lebar tajuk 16 meter. Tajuk pohonnya menyerupai kerucut. Buahnya berbentuk bulat panjang. Warna kulit buah hijau kecoklatan dengan tebal 0,5-1 cm. Durinya besar, runcing, jarang, dan bengkok. Sifat buah mudah dibelah. Berat buah 2-3,5 kg. Pada setiap buahnya terdapat 5 juring dengan 10-20 pongge. Daging buah tebal, kering, berlemak, tekstur halus, aroma tidak tajam, dan berasa manis. Biji sempurna 5-10 butir per buah. Pada pohon yang berumur 50 tahun sebanyak 50-200 buah per tahun. Tanaman ini sangat tahan terhadap hama penggerek buah dan penyakit busuk akar.
Durian bokor

Durian ini berasal dari Sukahaji, Majalengka, Jawa Barat. Buah durian bokor berbentuk bulat panjang dengan kulit berwarna hijau kekuningan. Duri kulit buahnya besar tersusun jarang. Berat buah 3,9 kg. Warna daging buah kuning, cukup tebal, kering, aroma harum, dan rasa manis. Tanaman durian bokor yang berumur 100 tahun dapat berproduksi 150-200 buah per tahun. Varietas ini tahan terhadap penyakit busuk akar.
Durian hepi

Durian hepi berasal dari Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Tinggi pohon mencapai 30 m dengan lebar tahuk 18 meter. Bentuk tajuk menyerupai kerucut simetris. Buahnya berbentuk bulat telur. Warna kulit buah cokelat kekuningan dengan tebal 0,8-1 cm. Duri kulit buah berbentuk kerucut, kecil, dengan tersusun rapat. Berat buah 1,5-2 kg. Sifat buah mudah dibelah. Pada setiap buah terdapat juring dengan 5-15 pogge. Daging buah berwarna putih kekuningan, tebal agak kering, tekstur halus, berlemak, aroma merangsang, dan berasa manis. Bentuk biji sempurna ada 2-3 butir, sedangkan sisanya kempes. Pada pohon yang berumur 80 tahun produksi buah sebanyak 150-250 buah per tahun. Varietas ini tanahn terhadap hama penggerek buah dan penyakit busuk akar.
Durian sitokong

Varietas ini berasal dari Ragunan, Pasarminggu, Jakarta Selatan. Bentuk tajuknya seperti kerucut menjulang. Buah durian sitokong berbentuk bulat panjang dengan warna hijau kekuningan. Bentuk duri kulit buah seperti kerucut dengan tersusun rapat. Sifat buah sukar dibelah. Berat buah 2-2,5 kg. Ketebalan kulit buahnya sedang, sekitar 5-8 mm. Dalam satu buah terdapat terdapat 5 juring dengan jumlah ponggenya ada 5-25 buah. Bijinya berbentuk lonjong dan berukuran kecil. Daging buahnya tebal, kering, bertekstur halus, berwarna kuning, berlemak, beraroma harum cukup tajam, dan rasanya manis. Pada pohon yang berumur 100 tahun produksi buahnya dapat mencapai 50-200 buah per tahun. Varietas ini tahan terhadap pentakit busuk akar dan hama penggerek buah.
Durian sukun

Durian sukun berasal dari Gempolan, Karang Anyar, Jawa Tengah. Bentuk buahnya lanset atau bulat panjang dan berwarna kekuningan. Duri kulit buahnya berbentuk kerucut, kecil, dan rapat. Sifat buah mudah dibelah. Berat buah 1,5-2,5 kg per buah. Kulit buah agak tebal, sekitar 10 mm. Pada setiap buah terdapat lima juring dengan 5-15 pogge. Bentuk biji sempurna ada satu butir, terkadang tidak ada, sedangkan yang lainnya kempes. Daging buah sangat tebal, kering berlemak, tekstur halus, putih kekuningan, beraroma harum dan manis. Pada pohon yang berumur 100 tahun produksi buahnya sebanyak 100-300 buah per tahun. Varietas ini memiliki daya tahan yang baik terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.
Durian sunan

Durian unggul ini bersal dari Gendol, Boyolali, Jawa Tengah. Buahnya berbentuk bulat telur terbalik dengan warna hijau kecoklatan. Duri kulit buahnya berbentuk kerucut, kecil, dan jarang. Sifat buah mudah dibelah. Berat buah 1,5-2,5 kg. Kulit buah tipis, kurang dari 5 mm. Setiap buahnya terdapat 5 juring dengan pongge ada 20-35 buah. Bentuk biji sempurna pada setiap buahnya hanya ada 1-2 butir, sedangkan lainnya kempes. Bentuk biji lonjong dan berukuran kecil. Daging buahnya sangat tebal, kering berlemak, bertekstur halus, berwarna krem, beraroma harum dan tajam, serta rasanya manis. Pada tanaman berumur 200 tahun dapat berproduksi sebanyak 200-800 buah per pohon per tahun. Varietas ini memiliki daya tahan terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.
Durian sihijau

Durian unggul ini berasal dari Karang Intan, Kalimantan Selatan. Bentuk tajuk pohon seperti kerucut. Bentuk buah kerucut, panjang, dan bersusun rapat. Sifat buah agak mudah dibelah. Berat buahnya 2-2,5 kg. Ketebalan kulit buah 1,5 cm. Dalam setiap buah terdapat 5 juring dengan jumlah pongge ada 20-35 buah. Biji dlam setiap buah berjumlah 18-30 butir, berbentuk lonjong, kecil, dan berat biji rata-rata 13,06 gram per butir. Daging buah agak lembek, bertekstur halus sampai berserat halus, berwarna kuning menyala atau mengkilat, beraroma harum, dan berasa manis gurih. Pada pohon yang berumur 100 tahun produksi buah mencapai 300-400 buah per tahun. Varietas ini tahan terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.
SYARAT TUMBUH DURIAN
Iklim

1) Curah hujan untuk tanaman durian 1500-2500 mm/tahun. Curah hujan merata sepanjang tahun atau terdapat 9-12 bulan basah dengan 1-3 bulan kering, dengan kemarau 3 bulan sebelum berbunga lebih baik daripada hujan terus menerus.

2) Intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan durian adalah 60-80%. Sewaktu masih kecil (baru ditanam di kebun), tanaman durian tidak tahan terik sinar matahari di musim kemarau, sehingga bibit harus dilindungi/dinaungi.

3) Tanaman durian cocok pada suhu rata-rata 22-30 derajat C. Pada suhu 15oC durian dapat tumbuh tetapi pertumbuhan tidak optimal. Bila suhu mencapai 35 derajat C daun akan terbakar.
Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat untuk bertanam durian umumnya dapat tumbuh di daerah berketinggian 50-600 m dpl. Tetapi ada juga tanaman durian yang cocok ditanam diberbagai ketinggian hingga mencapai 800 m dpl. Namun durian paling cocok dikebunkan pada daerah berketinggian 200-600 m dpl.
Media Tanam

1) Kemiringan lahan yang dianjurkan adalah 5-20 drajat.

2) Tanaman durian menghendaki tanah yang subur (tanah yang kaya bahan organik). Partikel penyusunan tanah seimbang antara pasir liat dan debu sehingga mudah membentuk remah.

3) Tanah yang cocok untuk durian adalah jenis tanah grumosol dan ondosol. Tanah yang memiliki ciri-ciri warna hitam keabu-abuan kelam, struktur tanah lapisan atas bebutir-butir, sedangkan bagian bawah bergumpal, dan kemampuan mengikat air tinggi.

4) Derajat keasaman tanah yang dikehendaki tanaman durian adalah (pH) 5-7, dengan pH optimum 6-6,5.

5) Tanaman durian termasuk tanaman tahunan dengan perakaran dalam, maka membutuhkan kandungan air tanah dengan kedalam cukup, (50-150 cm) dan (150-200 cm). Jika kedalaman air tanah terlalu dangkal/ dalam, rasa buah tidak manis/tanaman akan kekeringan/akarnya busuk akibat selalu tergenang.
PEDOMAN BUDIDAYA DURIAN
Pembibitan

Perbanyakakan tanaman durian dapat dilakukan melalui cara generatif (dengan biji) atau vegetatif (okulasi, penyusuan atau cangkokan).
Pengadaan benih dengan cara generatif

Biji untuk bibit dipilih dari biji yang memenuhi persyaratan: asli dari induknya, segar dan sudah tua, tidak kisut, dan tidak terserang hama dan penyakit. Biji-biji dicuci terlebih dahulu agar daging buah yang menempel terlepas. Biji yang dipilih dikeringkan pada tempat terbuka, tidak terkena sinar matahari langsung. Penyimpanan diusahakan agar tidak berkecambah/rusak dan merosot daya tumbuhnya. Proses pemasakan biji dilakukan dengan baik (dengan cara diistirahatkan beberapa saat), dalam kurun waktu 2-3 minggu sesudah diambil dari buahnya. Setelah itu biji ditanam.
Pengadaan bibit dengan cara okulasi

Dalam pembuatan bibit okulasi perlu disiapkan alat dan bahannya. Alat yang perlu disiapkan berupa pisau sayat (silet) dan pita plastik atau tali rafia. Bahan yang disiapkan berupa tanaman calon batang bawah dan batang atasnya (entris). Persyaratan biji durian untuk batang bawah yang akan diokulasi berasal dari biji yang sehat dan tua, dari tanaman induk yang sehat dan subur, sistem perakaran bagus, berbatang kokoh dan tahan hama dan penyakit. Biji yang disemaikan dipilih yang pertumbuhannya sempurna.

Setelah umur 8-10 bulan, batang bawah telah dapat diokulasi, dengan cara:

1) Siapkan tanaman yang akan dijadikan calon batang atas. Batang atas diambil dari pohon induk yang telah diketahui asal usul dan kulaitas buahnya. Sebaiknya batang atas diambil dari varietas yang unggul. Pengambilan cabang batas atas dilakukan bukan saat terik matahari agar batang atasnya tidak cepat mengering.

2) Kuliti bawahnya selebar 0,5-1cm, tergantung diameter batang, dengan panjang sekitar 2 cm. Buanglah sebagian lidah kupasan kulit batang hingga hanya tersisa 0,5 cm saja.

3) Ambil pucuk entris yang ada mata tunasnya. Sayat salah satu mata tunasnya dengan menggunakan silet atau pisau okulasi. Potonglah sayatan kulit bermata tunas, lalu keluarkan lapisan kayu yang masih menempel di lapisan dalam mata tunasnya.

4) Selipkan ujung bawah mata tunas pada bagian ujung lidah yang tersisa pada batang bawah. Seluruh bidang tempelan tersebut dibungkus dengan cara melilitkan pita plastik atau tali rafia. Pita plastik diikatkan pada bagian atas bidang tempelan. Pembungkusan dilakukan untuk mencegah masuknya air pada saat penyiraman atau hujan.

5) Periksa keberhasilan okulasi seminggu setelah penempelan. Mata tunas yang masih tetap hijau menandakan okulasi berhasil. Jika gagal, penempelan dapat diulangi lagi pada bagian lain dari batang bawah tersebut.

6) Jika okulasi berhasil mata tunas berwarna hijau, bukalah tali pembungkus dua minggu setelah penempelan untuk memberikan kebebasan bagi lalu lintas pengangkutan zat makanan.

7) Rebahkan pucuk batang bawahnya pada jarak 1 cm dari bidang tempelan untuk mempercepat tumbuhan mata tunas.

8) Pangkas seluruh pucuk batang bawah yang direbahkan setelah sebulan penempelan agar tunas benar-benar tumbuh dengan baik.
Bibit Sambung Pucuk

Sambung pucuk adalah teknik perbanyakan dengan menyatukan pucuk (calon batang atas) dengan batang bawah. Penyambungan dapat dilakukan pada tanaman yang masih bibit ataupun yang sudah dewasa. Langkah-langkah perbanyakan bibit sambung pucuk adalah sebagai berikut:

1) Siapkan tanaman batang bawah dari hasil persemainan biji yang telah berumur 3 bulan. Bibit batang bawah berasal dari varietas yang perakarannya kuat, berbatang kokoh, dan tahan terhadap hama dan penyakit.

2) Batang atas dipilih dari cabang pohon yang memiliki sifat yang baik. Besarnya batang atas harus sama atau lebih kecil dari batang bawah, dengan panjang cabang batang atas 7,5-10 cm.

3) Potong daun-daun pada cabang batang atas dan hanya disisakan 2-3 helai daun yang letaknya paling ujung. Sisa daun digunting dan hanya disisakan seperempat bagian saja. Potong ujung cabang batang di bagian bawah bawah berbentuk "V".

4) Batang bawah dipotong pada ketinggian 10-20 cm dari leher akar. Permukaan batang yang dipotong ini dibelah menjadi dua bagian yang sama besar. Panjang belahan sekitar 2-5 cm.

5) Selipkan ujung cabang batang atas pada belahan batang bawah.

6) Bagian sambungan batang atas dan batang bawah diikat dengan menggunakan tali plastik, dimulai dari bawah ke atas, lalu dari atas ke bawah.

7) Kemudian sambungan batang atas dan batang bawah tersebut dibungkus dengan plastik, dan pada bagian bawah sambungan diikat dengan menggunakan tali.

8) Letakkan calon bibit pada tempat yang teduh, dan lakukan penyiraman agar tidak mengalami kekeringan. Calon bibit akan memunculkan tunas baru setelah 3-5 minggu. Saat itu bungkus plastik bisa dibuka. Ikatan sambungan bisa dibuka setelah sambungan benar-benar kuat, dengan ciri-ciri bagian tepi bawah ikatan tali membengkak.
Bibit Cangkokan

Batang durian yang dicangkok harus dipilih dari cabang tanaman yang sehat, subur, cukup usia, pernah berbuah, memiliki susunan percabangan yang rimbun, besar cabang tidak lebih besar daripada ibu jari (diameter=2–2,5 cm), kulit masih hijau kecoklatan. Waktu mencangkok adalah awal musim hujan sehingga terhindar dari kekeringan, atau pada musim kering, tetapi harus disiram secara rutin (2 kali sehari), pagi dan sore hari. Adapun tata cara mencangkok adalah sebagai berikut:

1. Pilih cabang durian sebesar ibu jari dan yang warna kulitnya masih hijau kecoklatan.

2. Sayap kulit cabang tersebut mengelilingi cabang sehingga kulitnya terlepas.

3. Bersihkan lendir dengan cara dikerok kemudian biarkan kering angin sampai dua hari.

4. Bagian bekas sayatan dibungkus dengan media cangkok (tanah, serabut gambut, mos). Jika menggunakan tanah tambahkan pupuk kandang/kompos perbandingan 1:1. Media cangkok dibungkus dengan plastik/sabut kelapa/bahan lain, kedua ujungnya diikat agar media tidak jatuh.

5. Sekitar 2-5 bulan, akar cangkokan akan keluar menembus pembungkus cangkokan. Jika akar sudah cukup banyak, cangkokan bisa dipotong dan ditanam di keranjang persemaian berisi media tanah yang subur.
Pengolahan Media Tanam Durian

1) Persiapan

Penanaman durian, perlu perencanaan yang cermat. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah pengukuran pH tanah, analisis tanah, penetapan waktu/jadwal tanam, pengairan, penetapan luas areal penanaman, pengaturan volume produksi.

2) Pembukaan Lahan

Pembersihan dan pengolahan lahan dilakukan beberapa minggu sebelum penanaman bibit berlangsung. Batu-batu besar, alang-alang, pokok-pokok batang pohon sisa penebangan disingkirkan. Perlu dibersihkan dari tanaman liar yang akan menganggu pertumbuhan.

3) Pembentukan Bedengan

Tanah untuk bedengan pembesaran harus dicangkul dulu sedalam 30 cm hingga menjadi gembur, kemudian dicampur dengan pasir dan kompos yang sudah jadi. Untuk ukuran bedengan lebar 1 m panjang 2 m, diberi 5 kg pasir dan 5 kg pupuk kompos. Setelah tanah, pasir dan kompos tercampur merata dan dibiarkan selama 1 minggu. Pada saat itu juga tanah disemprot Vapan/Basamid untuk mencegah serangan jamur/bakteri pembusuk jamur. Di sekeliling bedengan, perlu dibuatkan saluran untuk penampung air. Jika bedengan sudah siap, biji yang telah tumbuh akarnya tadi segera ditanam dengan jarak tanam 20 x 30 cm. Penanaman biji durian dilakukan dengan cara dibuatkan lubang tanam sebesar biji dan kedalamannya sesuai dengan panjang akar masing-masing. Setelah biji tertanam semua, bagian permukaan bedengan ditaburi pasir yang dicampur dengan tanah halus (hasil ayakan) setebal 5 cm.

4) Pengapuran

Keadaan tanah yang kurang subur, misalnya tanah podzolik (merah kuning) dan latosol (merah-coklat-kuning), yang cenderung memiliki pH 5 - 6 dan penyusunannya kurang seimbang antara kandungan pasir, liat dan debu, dapat diatasi dengan pengapuran. Sebaiknya dilakukan menjelang musim kemarau, dengan kapur pertanian yang memiliki kadar CaCO3 sampai 90%. Dua sampai 4 minggu sebelum pengapuran, sebaiknya tanah dipupuk dulu dan dilsiram 4-5 kali. Untuk mencegah kekurangan unsur Mg dalam tanah, sebaiknya dua minggu setelah pengapuran, segera ditambah dolomit.
Teknik Penanaman
1) Penentuan Pola Tanaman

Jarak tanam sangat tergantung pada jenis dan kesuburan tanah, kultivar durian, serta sistem budidaya yang diterapkan. Untuk kultivar durian berumur genjah, jarak tanam: 10 m x 10 m. Sedangkan kultivar durian berumur sedang dan dalam jarak tanam 12 m x 12 m. Intensifikasi kebun durian, terutama waktu bibit durian masih kecil (berumur kurang dari 6 tahun), dapat diupayakan dengan budidaya tumpangsari. Berbagai budidaya tumpangsari yang biasa dilakukan yakni dengan tanaman horti (lombok, tomat, terong dan tanaman pangan: padi gogo, kedelai, kacang tanah dan ubi jalar.
2) Pembuatan Lubang Tanam

Pengolahan tanah terutama dilakukan di lubang yang akan digunakan untuk menanam bibit durian. Lubang tanam dipersiapkan 1 m x 1 m x 1 m. Saat menggali lubang, tanah galian dibagi menjadi dua. Sebelah atas dikumpulkan di kiri lubang, tanah galian sebelah bawah dikumpulkan di kanan lubang. Lubang tanam dibiarkan kering terangin-angin selama ± 1 minggu, lalu lubang tanam ditutup kembali.
Tanah galian bagian atas lebih dahulu dimasukkan setelah dicampur pupuk kompos 35 kg/lubang, diikuti oleh tanah bagian bawah yang telah dicampur 35 kg pupuk kandang dan 1 kg fospat. Untuk menghindari gangguan rayap, semut dan hama lainnya dapat dicampurkan insektisida butiran seperti Furadan 3 G. Selanjutnya lubang tanam diisi penuh sampai tampak membukit setinggi 20-30 cm dari permukaan tanah. Tanah tidak perlu dipadatkan. Penutupan lubang sebaiknya dilakukan 7-15 hari sebelum penanaman bibit.

3) Cara Penanaman
Bibit yang akan ditanam di lapangan sebaiknya tumbuh 75-150 cm, kondisinya sehat, pertumbuhan bagus, yang tercermin dari batang yang kokoh dan perakaran yang banyak serta kuat.
Lubang tanam yang tertutup tanah digali kembali dengan ukuran yang lebih kecil, sebesar gumpalan tanah yang membungkus akar bibit durian. Setelah lubang tersedia, dilakukan penanaman dengan cara sebagai berikut :
a) Polybag/pembungkus bibit dilepas (sisinya digunting/diiris hati-hati)
b) Bibit dimasukkan ke dalam lubang tanam sampai batas leher
c) Lubang ditutup dengan tanah galian. Pada sisi tanaman diberi ajir agar pertumbuhan tanaman tegak ke atas sesuai arah ajir.
d) Pangkal bibit ditutup rumput/jerami kering sebagai mulsa, lalu disiram air.
e) Di atas bibit dapat dibangun naungan dari rumbia atau bahan lain. Naungan ini sebagai pelindung agar tanaman tidak layu atau kering tersengat sinar matahari secara langsung.
Pemeliharaan Tanaman
1) Penjarangan dan Penyulaman

Penjarangan buah bertujuan untuk mencegah kematian durian agar tidak menghabiskan energinya untuk proses pembuahan. Penjarangan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup, rasa buah, ukuran buah dan frekuensi pembuahan setiap tahunnya. Penjarangan dilakukan bersamaan dengan proses pengguguran bunga, begitu gugur bunga selesai, besoknya harus dilakukan penjarangan (tidak boleh ditundatunda). Penjarangan dapat dilakukan dengan menyemprotkan hormon tertentu (Auxin A), pada saat bunga atau bakal buah baru berumur sebulan. Pada saat itu sebagian bunga sudah terbuka dan sudah dibuahi. Ketika hormon disemprotkan, bunga yang telah dibuahi akan tetap meneruskan pembuahannya sedangkan bunga yang belum sempat dibuahi akan mati dengan sendirinya. Jumlah buah durian yang dijarangkan ± 50-60% dari seluruh buah yang ada.
2) Penyiangan

Untuk menghindari persaingan antara tanaman dan rumput disekeliling selama pertumbuhan, perlu dilakukan penyiangan (± diameter 1 m dari pohon durian).
3) Pemangkasan/Perempelan

a) Akar durian
Pemotongan akar akan menghambat pertumbuhan vegetatif tanaman sampai 40% selama ± 1 musim. Selama itu pula tanaman tidak dipangkas. Pemangkasan akar selain membuat tanaman menjadi cepat berbuah juga meningkatkan kualitas buah, menarik, buah lebih keras dan lebih tahan lama. Waktu pemotongan akar paling baik pada saat tanaman mulai berbunga, paling lambat 2 minggu setelah berbunga. Jika dilakukan melewati batas, hasil panen berkurang dan pertumbuhan terhambat. Cara pemotongan: kedua sisi barisan tanaman durian diiris sedalam 60-90 cm dan sejauh 1,5-2 meter dari pangkal batang.

b) Peremajaan
Tanaman yang sudah tua dan kurang produktif perlu diremajakan. Tanaman durian tidak harus dibongkar sampai ke akar-akarnya, tetapi cukup dilakukan pemangkasan. Luka pangkasan dibuat miring supaya air hujan tidak tertahan.Untuk mencegah terjadinya infeksi batang, bekas luka tersebut dapat diolesi meni atau ditempeli lilin parafin. Setelah 2-3 minggu dilakukan pemangkasan (di musim hujan) maka pada batang tersebut akan tumbuh tunas-tunas baru. Setelah tunas baru mencapai 2 bulan, tunas tersebut dapat diokulasi. Cara okulasi cabang sama dengan cara okulasi tanaman muda (bibit). Tinggi okulasi dari tanah ± 1 - 1,5 m atau 2 - 2,5 m tergantung pada pemotongan batang pokok. Pemotongan batang pokok tidak boleh terlalu dekat dengan tanah.

c) Pembentukan tanaman yang terlanjur tua
Dahan-dahan yang akan dibentuk tidak usah dililiti kawat, tetapi cukup dibanduli atau ditarik dan dipaksa ke bawah agar pertumbuhan tanaman tidak mengarah ke atas. Cabang yang akan dibentuk dibalut dengan kalep agar dahan tersebut tidak terluka. Balutan kalep tadi diberi tali, kemudian ditarik dan diikat dengan pasak. Dengan demikian, dahan yang tadinya tumbuh tegak ke atas akan tumbuh ke bawah mengarah horizontal.
4) Pemupukan

Sebelum melakukan pemupukan kita harus melihat keadaan tanah, kebutuhan tanaman akan pupuk dan unsur hara yang terkandung dalam tanah.

a) Cara memupuk
Pada tahap awal buatlah selokan melingkari tanaman. Garis tengah selokan disesuaikan dengan lebarnya tajuk pohon. Kedalaman selokan dibuat 20-30 cm. Tanah cangkulan disisihkan di pinggirnya. Sesudah pupuk disebarkan secara merata ke dalam selokan, tanah tadi dikembalikan untuk menutup
selokan. Setelah itu tanah diratakan kembali, bila tanah dalam keadaan kering segera lakukan penyiraman.

b) Jenis dan dosis pemupukan
Jenis pupuk yang digunakan untuk memupuk durian adalah pupuk kandang, kompos, pupuk hijau serta pupuk buatan. Pemupukan yang tepat dapat membuat tanaman tumbuh subur. Setelah tiga bulan ditanam, durian membutuhkan pemupukan susulan NPK (15:15:15) 200 gr perpohon.
Selanjutnya, pemupukan susulan dengan NPK itu dilakukan rutin setiap empat bulan sekali sampai tanaman berumur tiga tahun. Setahun sekali tanaman dipupuk dengan pupuk organik kompos/pupuk kandang 60-100 kg per pohon pada musim kemarau. Pemupukan dilakukan dengan cara menggali lubang mengelilingi batang bawah di bawah mahkota tajuk paling luar dari tanaman. Tanaman durian yang telah berumur ≥ 3 tahun biasanya mulai membentuk batang dan tajuk. Setelah itu, setiap tahun durian membutuhkan tambahan 20–25% pupuk NPK dari dosis sebelumnya. Apabila pada tahun ke-3, durian diberi pupuk 500 gram NPK per pohon maka pada tahun ke-4 dosisnya menjadi 600-625 gram NPK per pohon. Kebutuhan pupuk kandang juga meningkat, berkisar antara 120-200 kg/pohon menjelang berbunga durian membutuhkan NPK 10:30:10. Pupuk ini ditebarkan pada saat tanaman selesai membentuk tunas baru (menjelang tanaman akan berbunga).
5) Pengairan dan Penyiraman

Durian membutuhkan banyak air pada pertumbuhannya, tapi tanah tidak boleh tergenang terlalu lama atau sampai terlalu basah. Bibit durian yang baru ditanam membutuhkan penyiraman satu kali sehari, terutama kalau bibit ditanam pada musim kemarau. Setelah tanaman berumur satu bulan, air tanaman dapat dikurangi sekitar tiga kali seminggu.
Durian yang dikebunkan dengan skala luas mutlak membutuhkan tersedianya sumber air yang cukup. Dalam pengairan perlu dibuatkan saluran air drainase untuk menghindari air menggenangi bedengan tanaman.
6) Waktu Penyemprotan Pestisida

Untuk mendapatkan pertumbuhan bibit tanaman yang baik, setiap 2 minggu sekali bibit disemprot zat pengatur tumbuh Atonik dengan dosis 1 cc/liter air dan ditambah dengan Metalik dengan dosis 0,5 cc/liter air. Hal ini dilakukan untuk merangsang pertumbuhan tanaman agar lebih sempurna. Jenis insektisida yang digunakan adalah Basudin yang disemprot sesuai aturan yang ditetapkan dan berguna untuk pencegahan serangga. Untuk cendawan cukup melaburi batang dengan fungisida (contohnya Dithane atau Antracol) agar sehat. Lebih baik bila pada saat melakukan penanaman, batang durian dilaburi oleh fungisida tersebut.
7) Pemeliharan Lain

Pemberian zat pengatur tumbuh (ZPT) berfungsi mempengaruhi jaringan-jaringan pada berbagai organ tanaman. Zat ini sama sekali tidak memberikan unsur tambahan hara pada tanaman. ZPT dapat membuat tanaman menjadi lemah sehingga penggunannya harus disesuaikan dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada label yang ada dalam kemasan, sebab pemakaian ZPT ini hanya
dicampurkan saja.
HAMA DAN PENYAKIT
Hama
1) Penggerek buah (Jawa : Gala-gala)

Ciri: telur diletakkan pada kulit buah dan dilindungi oleh jaring-jaring mirip rumah laba-laba. Larva yang telah menetas dari telur langsung menggerek dan melubangi dinding-dinding buah hingga masuk ke dalam. Larva tersebut tinggal di dalam buah sampai menjadi dewasa. Buah yang diserang kadang-kadang jatuh sebelum tua. Penyebaran: serangga penggerek buah menyebar dengan cara terbang dari pohon durian yang satu ke pohon lainnya. Serangga penggerek buah ini bertelur pada buah durian yang dihinggapinya. Kegiatan bertelur ini dilakukan secara periodik setiap menjelang musim kemarau. Pengendalian: dilakukan dengan insektisida, seperti Basudin, Sumithion 50 AC, Thiodan 35 EC, dengan dosis 2-3 cc/liter air.
2) Lebah mini

Ciri: hama ini berukuran kecil, tubuhnya berwarna coklat kehitaman dan sayapnya bergaris putih lebar. Setelah lebah menjadi merah violet, ukuran panjangnya menjadi 3,5 cm. Pada fase ulat (larva), hama ini menyerang daun-daun durian muda. Selama hama tersebut mengalami masa istirahat (bentuk kepompong), mereka akan menempel erat pada kulit buah. Setelah menjadi lebah serangga ini
mencari makan dengan cara menggerek ranting-ranting muda dan memakan daun-daun muda. Pengendalian: menggunakan parvasida, seperti Hostathion 40 EC (Triazofos 420 gram/liter), dan insektisida, seperti Supracide 40 EC dosis 420 gram/liter dan Temik 106 (Aldikarl 10%).
3) Ulat penggerek bunga (Prays citry)

Ulat ini menyerang tanaman yang baru berbunga, terutama bagian kuncup bunga dan calon buah.
Ciri: ulat ini warna tubuhnya hijau dan kepalanya merah coklat, setelah menjadi kupu-kupu berwarna merah sawo agak kecoklatan, abu-abu dan bertubuh langsing.
Gejala: kuncup bunga yang terserang akan rusak dan putiknya banyak yang berguguran. Demikian pula, benang sari dan tajuk bunganya pun rusak semua, sedangkan kuncup dan putik patah karena luka digerek ulat. Penularan ke tanaman lain dilakukan oleh kupu-kupu dari hama tersebut.
Pengendalian: dengan menyemprotkan obat-obatan seperti Supracide 40 EC, nuvacrom SWC, Perfekthion 400 EC (Eimetoat 400 gram/liter).
4) Kutu loncat durian

Ciri: serangga berwarna kecoklatan dan tubuhnya diselimuti benang-benang lilin putih hasil sekresi tubuhnya; bentuk tubuh, sayap dan tungkainya mirip dengan kutu loncat yang menyerang tanaman lamtoro. Gejala: kutu loncat bergerombol menyerang pucuk daun yang masih muda dengan cara menghisap cairan pada tulang-tulang daun sehingga daun-daun akan kerdil dan pertumbuhannya terhambat; setelah menghisap cairan, kutu ini mengeluarkan cairan getah bening yang pekat rasanya manis dan merata ke seluruh permukaan daun sehingga mengundang semut-semut bergerombol. Pengendalian: daun dan ranting-ranting yang terserang dipangkas untuk dimusnahkan. Pengendalian secara kimia dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida Supracide 40 EC dosis 100-150
gram/5 liter air.
Penyakit
1) Phytopthora parasitica dan Pythium complectens

Penyebab: Pythium complectens, yang menyerang bagian tanaman seperti daun, akar dan percabangan. Penularan dan penyebab: penyakit ini menular dengan cepat ke pohon lain yang berdekatan. Penularan terjadi bila ada akar yang terluka. Penularan terjadi bersama-sama dengan larutnya tanah atau bahan organik yang terangkut air.
Gejala: daun durian yang terserang menguning dan gugur mulai dari daun yang tua, cabang pohon kelihatan sakit dan ujung-ujungnya mati, diikuti dengan berkembangnya tunas-tunas dari cabang di bawahnya. Kulit di atas permukaan tanah menjadi coklat dan membusuk. Pembusukan pada akar hanya
terbatas pada akar-akar sebelah bawah, tetapi dapat meluas dari ujung akar lateral sampai ke akar tunggang. Jika dilihat dari luar akar yang sakit tampak normal, tetapi jaringan kulitnya menjadi colat tua dan jaringan pembuluh menjadi merah jambu.
Pengendalian: (1) upayakan drainase yang baik agar tanah tidak terlalu basah dan air tidak mengalir ke permukaan tanah pada waktu hujan; (2) pohon yang sakit dibongkar sampai ke akarnya dan dibakar; (3) pilih bibit durian kerikil untuk batang bawah karena jenis ini lebioh tahan terhadap serangan jamur sehingga dapat terhindar dari serangan penyakit busuk.
2) Kanker bercak

Penyebab: Pythium palvimora, terutama menyerang bagian kulit batang dan kayu. Penyebaran oleh spora sembara bersamaan dengan butir-butir tanah atau bahan organik yang tersangkut air. Penyebaran penyakit ini dipacu oleh curah hujan yang tinggi dalam cuaca kering. Jamur dapat tumbuh dengan baik pada suhu antara 12-35 derajat C.
Gejala: kulit batang durian yang terserang mengeluarkan blendok (gum) yang gelap; jaringan kulit berubah menjadi merah kelam, coklat tua atau hitam; bagian yang sakit dapat meluas ke dalam sampai ke kayu; daun-daun rontok dan ranting-ranting muda dari ujung mulai mati.
Pengendalian: (1) perbaikan drainase agar air hujan tidak mengalir dipermukaan tanah dan untuk
batang yang sakit; dilakukan dengan cara memotong kulit yang sakit sampai ke kayunya yang sehat dan potongan tanaman yang sakit harus dibakar, sedangkan bagian yang terluka diolesi fungisida, misalnya difolatan 4 F 3%.
3) Jamur upas

Gejala: pada cabang-cabang dan kulit kayu terdapat benang-benang jamur mengkilat seperti sarang laba-laba pada cabang-cabang. Jamur berkembang menjadi kerak berwarna merah jambu dan masuk ke dalam kulit dan kayu sehingga menyebabkan matinya cabang.
Pengendalian: (1) serangan jamur yang masih pada tingkat sarang laba-laba dapat dikendalikan dengan cara melumasi cabang yang terserang degan fungisida, misalnya calizin RM; (2) jika jamur sudah
membentuk kerak merah jambu, sebaiknya dilakukan pemotongan cabang kirakira lebih 30 cm ke bawah bagian yang berjamur; (3) dengan menyemprotkan Antrocol 70 WP (propineb 70,5%), dosis 100-200 gram/liter air atau 1-1,5 kg/ha aplikasi.
PANEN

Pada umur sekitar 8 tahun, tanaman durian sudah mulai berbunga. Musim berbunga jatuh pada waktu kemarau, yakni bulan Juni-September sehingga bulan Oktober-Februari buah sudah dewasa dan siap dipetik. Panen durian diusahakan sebelum musim hujan tiba karena air hujan dapat merusak kualitas buah. Warna durian yang hampir masak agak berbeda-beda tergantung pada kultivarnya. Buah yang sudah masak umumnya ditandai dengan bau harum yang menyengat. Pada durian yang sudah masak bila diketuk duri atau buahnya akan terdengar dentang udara antara isi dan kulitnya.

sumber : http://www.ideelok.com/

Rabu, 26 Januari 2011

Wow, Lindsay Lohan VS Paris Hilton di Ring Tinju!

0 comments

Lindsay Lohan

Menonton pertandingan tinju antara dua pria berotot mungkin sudah menjadi hal biasa bagi banyak orang. Tapi bagaimana kalau para petinju ini digantikan oleh dua selebritis cantik Lindsay Lohan dan Paris Hilton ?

Hal ini mungkin bakal segera terlaksana, pasalnya, kedua bintang yang sama-sama pernah berurusan dengan narkoba ini sudah mendapatkan tawaran dari Hollywood Boxing Federation untuk bertanding di atas ring tinju. Bahkan, keduanya akan dibayar USD$ 1 juta untuk aksi mereka ini!

Uang sebesar USD$ 1 juta ini akan disumbangkan kepada badan amal narkoba dan alkohol kalau Lohan dan Hilton bersedia bertanding. "Kami menyebutnya 'Battle of Bad Girls of Hollywood'," ungkap Damon Feldman, direktur Hollywood Boxing Federation.

Feldman juga menyatakan bahwa kedua bintang bermasalah ini harus berhadapan di atas ring tinju dalam beberapa ronde yang masing-masing terdiri atas 3 menit pertandingan. Baik Lohan maupun Hilton masing-masing akan dibayar sebesar USD$ 500.000.

"Ini tak lebih akan jadi pertandingan yang fun. Baik Paris dan Lindsay pernah ikut pelatihan tinju di masa lalu," pungkas Feldman

sumber : http://id.omg.yahoo.com/news/wow-lindsay-lohan-vs-paris-hilton-di-ring-tinju-khjx-0000354324.html

Presiden Sampaikan Pidato Khusus dalam WEF

0 comments


Zurich - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kamis akan menyampaikan pidato khusus pada World Economic Forum (WEF) di Kongres Zentrum, Davos, Swiss.

Pidato Presiden akan dimulai pada pukul 10.00 waktu setempat atau pukul 16.00 WIB dalam sesi utama WEF bertema "Shared Norms for New Reality" yang berlangsung 26-30 Januari 2011.

Tema tersebut dipilih karena saat ini negara-negara di dunia menghadapi tantangan hidup di tengah interkoneksitas yang semakin kompleks dan pada saat bersamaan mengalami pengikisan nilai dan prinsip yang penting seperti rendahnya kepercayaan publik pada kepemimpinan, pertumbuhan ekonomi di masa depan, serta stabilitas politik.

WEF yang diselenggarakan oleh organisasi independen guna mencari solusi atas berbagai masalah global setiap tahun dihadiri oleh kepala negara/pemerintahan, pemimpin eksekutif perusahaan raksasa dunia, serta pemimpin organisasi internasional.

Kehadiran Presiden Yudhoyono adalah yang pertama kali di forum WEF dan Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk WEF Asia Timur pada 12-13 Juli 2011.

Kepala Negara beserta rombongan yang tiba di Zurich pada Rabu malam akan menuju Davos yang berjarak tiga jam perjalanan darat dari Zurich pada Kamis pagi pukul 06.00 waktu setempat.

Setibanya di Kongres Zentrum, Presiden akan bertemu dengan Chairman World Economic Forum Klaus Schwab sebelum menyampaikan pidato kunci.

Usai berpidato, Presiden Yudhoyono akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Klaus Schwab di dalam forum.

Pada pukul 11.30 waktu setempat, Kepala Negara dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-Moon di ruang bilateral ME22 Kongres Zentrum dan setelahnya bertemu dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy.

Pada pukul 13.00 Presiden kembali menghadiri WEF untuk memberikan pidato kunci dalam sesi pembahasan energi dengan para pimpinan perusahaan energi dunia bertema "Natural Gas Markets in The Making and Its Impact on Energy Systems."

Sedangkan pada pukul 17.00 waktu setempat, Presiden Yudhoyono dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Konfederasi Swiss, Micheline Clamy Rey dan setelahnya menerima kunjungan kehormatan mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton.

Pada pukul 18.20 WIB, Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono menghadiri Indonesia "Co-Co Night" bertema "Celebrating the Spirit of Collaboration and Cooperation" di Garden Hall, Hotel Morosani Schweizerhof yang merupakan tempat Presiden menginap selama di Davos.

Pada acara untuk memperkenalkan Indonesia kepada perwakilan negara dan dunia usaha yang menghadiri WEF 2011 itu Presiden akan menyampaikan sambutan.

Sumber : http://id.news.yahoo.com/antr/20110127/tpl-presiden-sampaikan-pidato-khusus-dal-cc08abe.html

Abu Merapi Jadi Bahan untuk Membuat Mangkuk

0 comments
Abu Merapi Jadi Bahan untuk Membuat Mangkuk

Abu vulkanik hasil erupsi Gunung Merapi oleh para seniman perajin digunakan sebagai bahan baku pembuatan mangkok keramik.

"Ide untuk membuat mangkok keramik dari abu vulkanik sifatnya coba-coba, dan hasilnya cukup memuaskan, sehingga kami manfaatkan abu itu sebagai bahan baku pembuatan barang kerajinan tersebut dalam jumlah banyak, dari pada terbuang sia-sia," kata pembuat mangkok keramik dari abu vulkanik Indro Baskoro Miko Putro, di Yogyakarta, Kamis (30/12/2010).

Dosen Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu, ditemui saat mengikuti pameran seni kriya Islami dalam rangkaian Festival Muharram 1432 Hijriyah di gedung Asri Medical Center, Yogyakarta. Pameran tersebut berlangsung dari 29 Desember 2010 hingga 2 Januari 2011.

Menurut dia, abu vulkanik mengandung silika hingga 50 persen, sehingga jika digunakan sebagai bahan baku pembuatan keramik, kualitas keramik itu sangat bagus dan istimewa setelah dipadukan dengan campuran beberapa bahan kimia seperti kalsium karbonat. "Desain dan warna keramik juga dibuat menarik," katanya.

Keistimewaan mangkok keramik yang terbuat dari abu vulkanik, dari segi warna jika dilihat secara visual menghasilkan efek menyerupai kumpulan magma yang mendidih, kemudian membeku.

"Permukaan lapisannya menghasilkan warna yang natural seperti halnya warna magma di dalam perut bumi," katanya.

Permukaan mangkok keramik yang terbuat dari abu vukanik ini membentuk sepertipori-pori besar dan kecil. Bentuk lapisannya menyerupai batu yang mengalami pelapukan atau sedimentasi.

Menurut Indro, kualitas dan daya tahan mangkok keramik tersebut tidak jauh berbeda dengan keramik yang terbuat dari tanah liat.

"Ada keistimewaan dalam proses pembuatannya, yakni tidak membutuhkan waktu lama dalam pengeringannya, yakni hanya sekitar 12 jam," katanya.

Meskipun demikian, mangkok keramik ini harus tetap dibakar agar menghasilkan kualitas tinggi dan memuaskan.

"Dibutuhkan suhu tinggi, yakni 1.280 derajat Celsius untuk pembakarannya " katanya.

Indro mengatakan mangkok keramik tersebut belum dijual kepada masyarakat, dan saat ini masih terusdikembangkan untuk memperoleh kualitas yang bagus dan kuat.

"Masih terus dikembangkan oleh para pembuatnya, termasuk para mahasiswa yang kami bina," katanya.

sumber : http://www.morzing.com/

3 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari Saat Kencan

0 comments
3 Topik Pembicaraan yang Harus Dihindari Saat Kencan

Kencan pertama merupakan kesempatan untuk Anda menarik perhatian si dia. Namun, jangan sampai Anda mengemukakan topik yang salah saat ngobrol dengannya, karena ada beberapa obrolan yang bikin pria hilang 'feeling'.

Seperti dikutip She Knows, berikut ini tiga topik pembicaraan yang sebaiknya dihindari saat kencan.

Membicarakan Mantan Anda
Tidak perlu membicarakan mantan Anda jika ia tidak menanyakannya. Membicarakan mantan membuat Anda terkesan terjebak di masa lalu dan belum siap melanjutkan hidup Anda. Lagi pula, pembicaraan itu merupakan topik yang membosankan untuk pria.

Bertanya tentang mantannya
Anda mungkin sangat ingin tahu tentang wanita terakhir yang pernah mengisi hatinya, tapi cobalah untuk tikda bertanya terlalu banyak. Jika Anda terus menanyakan mantannya, Anda malah akan terlihat seperti orang yang cemburu dan merasa tersaingi oleh mantan-mantannya. Tenang saja, pria akan membicarakan mantannya pada kencan berikutnya, saat ia telah merasa nyaman dengan Anda. Untuk saat ini, cobalah untuk menahan rasa ingin tahu Anda tentang mantannya.

Mengeluh tentang tubuh Anda
Cobalah untuk tidak terus-menerus mengeluh tentang pipi yang terlalu chubby, paha yang besar atau hal lainnya dari bagian tubuh Anda. Jika awalnya ia tertarik dengan Anda, tapi Anda malah memberitahu semua kejelekan fisik Anda, hal ini malah menegaskannya tentang keburukan Anda. Kembangkanlah rasa percayadiri Anda, wanita yang percaya diri akan terlihat lebih menarik di mata pria, meskipun ia tidak memiliki fisik yang cantik.

sumber : http://www.morzing.com/konten/411/3-topik-pembicaraan-yang-harus-dihindari-saat-kencan.html

7 Trik Cara Agar Pria Memikirkan Anda

0 comments
7 Trik Cara Agar Pria Memikirkan Anda

7 Trik Cara Agar Pria Memikirkan Anda :

Kaum adam memang makhluk yang tidak mudah ditaklukkan. Terkadang dibutuhkan trik khusus agar dia mau mempertimbangkan Anda sebagai pendampingnya. Sudah siap menemukan cinta?


Bahasa tubuh

Bahasa tubuh pria dengan mudah mampu menunjukkan perasaan yang sebenarnya. Perhatikan saat Anda berpapasan dengannya di lorong, jika arah bahu dia sejajar mengarah ke tubuh Anda, maka kesempatan Anda cukup besar untuk memikat hatinya.

Dekati pria secara perlahan

Mengapa? Karena Anda ingin dia terlebih dulu nyaman mengenal Anda. Jangan pernah memaksakan perasaan Anda terhadap pria.

Jangan pernah mengkritik dia

Pria menyukai wanita yang tidak banyak berkomentar bahkan mengkritik. Dengan bersikap manis, Anda akan sangat mudah memikat pria.

Observasi lebih lanjut

Perhatikan cara pria itu bergerak, bernapas, dan berbicara. Sesuaikan diri Anda dengan kecepatannya bertindak.

Lihat dalam-dalam mata dia

Pria akan sangat mudah tergugah dengan tatapan mata yang dalam dan penuh arti.

Simak suara dia

Perhatikan suaranya, lembut atau kencang? Saat bercakap dengannya, ubah nada suara Anda menyamakan nada suaranya. Dengan begitu, dia tahu Anda memerhatikannya.

Ketahui apa yang dipikirkan dan dirasakannya

Saatnya menjajaki pola pemikiran dia. Pria cenderung mengatakan apa yang dirasakan dan dipikirkannya. Ajak dia lebih sering bercakap-cakap, tak ada salahnya sesekali mengatakan perasaan Anda. Lihat reaksinya, dan putuskan untuk melanjutkan atau menghentikan tindakan Anda selanjutnya.

sumber : http://www.morzing.com/konten/408/7-trik-cara-agar-pria-memikirkan-anda.html

Pemijahan Lele Dumbo Secara Alami

1 comments
Kebutuhan masyarakat akan protein hewani semakin meningkat, hal ini sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk. Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) merupakan salah satu sumber protein hewani yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat. Karena ikan ini sangat mudah dibudidayakan dan dapat hidup dan berkembang pada perairan yang buruk. Semakin berkembangya usaha budidaya lele, kebutuhan benih dirasa masih kurang.

Berikut diuraikan secara singkat teknik pemijahan lele dumbo, yang dapat dilakukan pada lahan yang sempit dan menggunakan sarana prasarana yang sederhana.

TEKNIK PEMIJAHAN

1. Menyiapkan Media Pemijahan
1. Menyiapkan bak pemijahan, Bak yang dipergunakan cukup dengan ukuran 2 x 3 m dengan dalam bak 1 m. Bak dicuci dengan larutan permangkanat dosis 1 sendok teh dicampur dengan 3 liter air atau 5 gr / m3 air.
2. Menyiapkan Kakaban, terbuat dari ijuk yang dibingkai dengan bambu.
3. Menyiapkan Air Pemijahan, bak pemijahan diisi dengan air setinggi 40 cm. Air yang digunakan adalah air dari PDAM.
2. Menyiapkan Induk Lele
1. Merawat Induk Lele, Induk lele yang akan dipijahkan harus diberikan pakan yang baik agar dapat menghasitkan benih yang baik. Induk lele setiap hari diberikan pakan daging bekicot atau ikan rucah. Pemberian pakan dilakukan pagi dan sore dengan dosis 10% dari berat badan. Bak penampungan induk dekat dengan bak pemijahan agar menangkapnya mudah. Sebaiknya induk jantan dan betina ditempatkan secara terpisah. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, perawatan induk-induk dilakukan secara terpisah.
2. Memilih induk lele siap pijah, Ciri-ciri induk betina siap pijah adalah :
* Bagian perut membesar dan lunak kalau diraba,
* Dubur terlihat merah dan lubang pengeluaran telur lunak melebar,
* Membuat gerakan mondar-mandir,
* Bagian dubur merah dan lunak dan kalau diurut dari arah perut akan keluar cairan putih atau sperma.
3. Memijahkan Lele Dumbo
* Isi bak pemijahan dengan air setinggi 40 cm.
* Pasang kakaban hingga menutupi 80% permukaan air. Lepaskan induk-induk lele yang sudah dipilih dengan perbandingan 1 betina dan 2 jantan.
* Proses pemijahan akan terjadi pada malam hari yang ditandai terlebih dahulu adanya kejar-kejaran antara induk betina dan jantan mengitari kakaban.
* Amati pada pagi hari, telur-telur sudah dilepas dan menempel pada seluruh permukaan kakaban.
4. Menetaskan Telur
* Menyiapkan bak penetasan telur, bersihkan terlebih dahulu bak-bak dengan permangkanat.
* Isi air penetasan setinggi 40 cm, pindahkan / angkat kakaban masukan kedalam bak yang sudah disiapkan.
* Amati telur-telur tersebut setelah 24 jam dan telur-telur tersebut mulai menetas. Telur yang baik akan menetas sampai 35 jam. Anak ikan yang keluar dari telur masih sangat kecil dan lemah. Badan transparan dan kalau dilihat dengan microskop akan terlihat masih mengandung kuning telur. Telur-telur yang tidak terbuahi berwarna kuning susu dan tidak akan menetas serta akan membusuk. Telur-telur yang terbuahi terlihat kuning transparan dan akan menetas setelah 34 jam sampai dengan 48 jam dikeluarkan oleh induk.
5. Pemeliharaan Larva
* Menyiapkan bak untuk budidaya pakan alami berupa dapnia atau cacing rambut. Cacing rambut banyak dijual di kios-kios pedagang ikan hias.
* Setelah telur lebih dari 48 jam dan sudah terlihat banyak yang menetas maka kakaban diangkat secara hati- hati.
* Merawat larva, larva yang baru beberapa hari menetas kondisinya masih sangat lemah. Larva in tidak memerlukan pakan tambahan sampai menunggu kandungan kuning telurnya habis. Kandungan kuning telur akan habis setelah menetas 7 hari. Untuk menjaga mortalitas yang tinggi pertu dipasang aerasi.
* Memberi pakan larva. Setetah kandungan 7 hari, kandungan kuning telur yang asd sudah habis dan harus segera diberi pakan tambahan dari luar. Pakan pertama dapat diberikan kuning telur yang diblender setiap pagi dan sore sebanyak satu butir per 5000 ekor. Pemberian pakan cacing rambut dapat diberikan setelah 11 hari dan juga dapnia.

MEMANEN BENIH LELE
Panen benih lele bukan merupakan kegiatan akhir dari kegiatan budidaya. Pemungutan hasil pertama dilakukan setelah benih berumur 17 sampai 21 hari (panjang t 2,5 cm). Pada ukuran tersebut benih lele sudah bisa ditebar pada petak pembesaran secara langsung atau ditebar pada tempat penampungan sambil menunggu pembeli.

ALAT BAHAN PEMANEN
Alat berupa seser, ember, waring, kantong plastik, tali karet, tabung udara, mangkok kecil. Perhitungan hasil biasanya dilakukan secara manual. Untuk memperoleh benih yang seragam digunakan ember plastik yang berlubang-lubang.

Sumber: http://ikanmania.wordpress.com/2007/12/30/pemijahan-lele-dumbo-secara-alami/

Teknik Pemijahan LELE DUMBO Sistem Induced Breeding (Kawin Suntik)

1 comments
Ikan lele dumbo (Clariasgariep nus) telah banyak dikenal orang sebagai ikan peliharaan yang baik, mudah dipelihara dalam kolam dan genangan air biasa. Ikan lele dumbo juga merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki daging yang lezat, mudah dicerna dan bergizi. Selain itu lele dumbo dapat tumbuh dengan cepat dan mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Pada awal perkembangannya, tahun 1985 sd 1988, lele dumbo merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat mahal harganya, terutama yang berukuran benih. Hal ini disebabkan karena pada waktu itu penyebarannya masih langka. Namun setelah penyebarannya meluas, harganya mulai menurun dan pada akhirnya mencapai kondisi harga normal yang tidak jauh berbeda dengan harga jenis ikan air tawar lainnya.

Dengan kondisi harga normal seperti sekarang ternyata usaha budidaya ikan lele dumbo ini masih menguntungkan, baik untuk tahap usaha pembenihan maupun pembesaran. Oleh karena itu masih layak dan perlu dibudidayakan.

Terlebih-lebih dengan adanya kemudahan dalam pembudidayaannya seperti teknologi yang tidak terlalu sulit, tidak memerlukan lahan yang luas serta tidak memerlukan air yang melimpah.

Kali ini disajikan petunjuk praktis mengenai teknik pemijahan lele dumbo melalui penyuntikan.

Pemijahan
Pemijahan ikan lele dumbo dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu :

1. Secara Alami
Pemijahan secara alami adalah pemijahan yang dilakukan di alam terbuka sesuai dengan sifat hidupnya tanpa perlakuan dan bantuan manusia.
2. Secara Disuntik Dengan Kelenjar Hipofisa
Penyuntikan dengan kelenjar hipofisa adalah pemijahan yang dilakukan dengan bantuan atau penanganan manusia melalui pemberian kelenjar hormon hipofisa pada recipient (penerima) yang berguna untuk melancarkan proses kematangan gonad, sehingga mempercepat proses jalannya pemijahan ikan tersebut.

Ciri-ciri Induk Lele Dumbo Yang Siap Memijah

1. Induk Jantan

* Umur telah mencapai 1 tahun
* Warna tubuh agak kemerah-merahan
* Alat kelamin tampak jelas meruncing
* Tubuh tetap ramping dan gerakannya lebih lincah

2. Induk Betina

* Perut tampak besar dan bila diraba terasa lembek
* Alat kelamin berwarna kemerahan dan lubangnya agak membesar
* Bila diurut kearah anus keluar telur berwarna kekuningan

3. Ciri-ciri Induk Yang Baik

* Umur telah mencapai 1 tahun
* Ukuran berkisar 300-1000 gram/ekor
* Nampak sudah jinak
* Badan mengkilat dan gemuk
* Tubuh sehat dan tidak cacat

Menyiapkan Donor
Donor adalah ikan yang dikorbankan untuk diambil kelenjar hipofisanya untuk diberikan kepada ikan sebaga recipient (penerima donor).

Ikan sebagai ikan donor untuk ikan lele dumbo dapat diberikan ikan sejenis dan dari ikan mas tanpa mempertimbangkan jantan atau betina.

1. Cara Menyiapkan Kelenjar Hipofisa Dari Ikan Lele

* Timbang ikan donor seberat induk yang akan disuntik
* Potong bagian batas kepalanya
* Dari arah bukaan mulut, kepala lele dibelah, bagian atas kepala diambil
* Ambil kelenjar dengan menggunakan pinset, lalu digerus/dihancurkan dengan menggunakan alat penggerus sambil ditambah pelarut akuabides 1-2 cc
* Ambil dengan menggunakan spuit dan kelenjar siap disuntikkan

2. Cara Menyiapkan Kelenjar Hipofisa Dari Ikan Mas

* Timbang ikan donor seberat induk yang akan disuntik
* Potong bagian batas kepalanya

Cara Penyuntikan dan Pelepasan Induk

* Induk disuntik pada siang atau sore hari
* Kelenjar hipofisa yang telah disiapkan , setengah disuntikkan pada induk jantan dan setengahnya lagi pada induk betina
* Penyuntikan dilakukan pada bagian punggung dengan memasukkan jarum suntik secara mirin 45° sedalam ± 2 cm
* Induk yang telah disuntik, dilepas kedalam bak pemijahan
* Kemudian bak pemijahan ditutup rapat
* Pemijahan akan terjadi pada malam hari, 8-12 jam setelah penyuntikan

Penetasan Telur dan Perawatan Larva

* Telur ditetaskan pada bak tembok atau pada bak yang terbuat dari plastik terpal
* Telur menetas antara 20-24 jam dari pemijahan
* Larva (benih) diberi makanan tambahan pada hari ke-3 setelah menetas berupa kutu air (Daphnia sp.) atau cacing sutera
* Selama pemeliharaan usahakan air tetap bersih dan jernih
* Selanjutnya benih didederkan di tempat lain

Sumber :
Balai Pengembangan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Diskan Jawa Barat
PO Box 2 Sukamandi, Subang 41256
Tel. 0260-520084

8 Persiapan Sebelum Hamil

0 comments


Sebagian pasangan baru menikah memutuskan menunda punya anak demi karier atau belum siap memiliki anak. Tapi, jika Anda dan suami adalah salah satu dari pasangan yang menunda kehamilan, bukan berarti Anda tidak menjaga kesuburan. Kesuburan harus tetap dijaga bahkan ditingkatkan sehingga saat Anda siap memiliki momongan semua dapat berjalan lancar dan baik.

Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan? Berikut tips khusus untuk Anda, seperti yang dilansir laman Cosmopolitan.

1. Selalu melakukan seks aman

Kecuali jika Anda yakin bahwa pasangan terhindar dari penyakit menular seksual, kondom adalah alat pengaman yang baik untuk mencegah ancaman pada kesuburan, seperti chlamydia yang dapat menyebabkan kemandulan.

2. Belajar mengatasi stres

Pernahkan Anda mengalami menstruasi dua kali sebulan saat berada di bawah tekanan? Stres dapat merusak siklus bulanan, dan mencegah proses ovulasi. Sebuah studi membuktikan, wanita dengan tingkat stres tinggi umumnya sulit hamil. Jadi sangat baik jika Anda mulai belajar mengatasi stres sehingga tidak mempengaruhi siklus Anda.

3. Berhenti merokok

Rokok sangat berbahaya untuk kesuburan. Racun pada rokok sangat berbahaya bagi tuba falopi, dapat mengakibatkan kerusakan kromosom pada telur, dan melemahkan kemampuan untuk menghasilkan estrogen yang sangat diperlukan untuk menyiapkan lapisan rahim menjelang kehamilan. Wanita yang merokok pun rentan terhadap keguguran.

4. Jangan takut gemuk

Menjadi langsing adalah idaman setiap perempuan, namun jangan berpikir untuk terus mengecilkan badan. Karena faktanya, orang terlalu kurus susah untuk hamil karena kekurangan lemak yang dapat mendukung

kehamilan. Namun, jangan pernah berpikir untuk lalai menjaga berat badan karena orang yang terlalu gemuk akan mengalami proses ovulasi tidak teratur.

5. Memilih seafood

Jika Anda merencanakan kehamilan setahun mendatang atau di tahun-tahun berikutnya, pastikan Anda bersiap-siap dengan memilah-milah makanan Anda. Ada beberapa seafood yang mengandung merkuri di dalamnya seperti hiu dan makarel. Merkuri dapat menyebabkan ketidaksuburan, keguguran, bahkan kelahiran cacat.

Sedangkan, untuk menghilangkan merkuri dari dalam tubuh memerlukan waktu lebih dari setahun. Karena itulah, pilihlah seafood yang level merkurinya masih sangat rendah seperti udang, salmon, tuna untuk tetap menjaga kesuburan. Jika Anda tidak yakin akan level merkuri dalam tubuh Anda, periksakanlah ke dokter.

6. Cari tahu apakah ibu Anda memiliki masalah kesuburan.

Bukan hanya bentuk tubuh atau perawakan ibu yang menurun pada Anda, kasus kesuburannya pun menurun secara genetik pada Anda, seperti endometriosis atau bercak jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim, tumor rahim, dan menopause dini. Mengetahui sejarah kesuburan orangtua akan membantu Anda lebih mengenal organ kewanitaan Anda.

7. Jangan khawatir dengan konsumsi pil

Ada mitos yang berkembang bahwa meminum pil kontrasepsi mengakibatkan kesulitan mendapatkan anak. Jangan salah kaprah. "Pil kontrasepsi tidak memiliki efek samping pada tingkat kesuburan di masa datang," ujar Dr. Guy Ringler, seorang ahli kesuburan dari California Fertily Partners di Los Angeles, AS. Kebanyakan wanita akan kembali subur dalam waktu satu sampai tiga bulan setelah lepas dari pil kontrasepsi.

8. Perhatikan kalender

Sangat baik jika menunda kehamilan sampai Anda sangat siap, tapi jangan terlalu lama. Walaupun Anda menjaga tubuh agar tetap sehat dengan makan makanan sehat atau melakukan yoga, jam biologis Anda akan terus berdetak. Wanita berumur 30an hanya memiliki 30.000 telur dan sangat rentan dengan keguguran dan penyakit genetik. Wanita di bawah 30 tahun memiliki kesempatan 25% lebih banyak untuk hamil, sedangka wanita berumur 40 tahun kesempatan untuk hamil berkurang 5% menurut American Fertility Association.

sumber : VIVAnews

Bentuk Tubuh Paling Diinginkan Wanita

0 comments

Kim Kardashian

Tubuh kurus seperti Kate Moss dan Victoria Beckham tampaknya tak lagi diminati oleh banyak wanita. Padahal dulu tubuh yang sangat 'tipis' menjadi tren karena banyak selebriti yang memiliki tubuh kurus

Dari survei yang dilakukan pada 60.000 wanita oleh Look Magazine, diketahui delapan dari sepuluh wanita lebih memilih tubuh berisi seperti Christina Hendricks dibandingkan tubuh kerempeng seperti Victoria Beckham. Para wanita tidak menganggap tubuh kurus adalah figur sempurna.

Sebanyak 80 persen wanita lebih memilih memiliki tubuh Christina dan 20 persen memilih memiliki tubuh Victoria Beckham. Lebih dari sembilan dari sepuluh orang mengungkap wanita dari berbagai ukuran bisa tetap tampil gaya. Lalu, lebih enam dalam sepuluh ingin melihat foto 'nyata' model perempuan di majalah mode.

"Lima bulan lalu menggunakan model dengan tubuh berisi selalu menjadi perdebatan. Tetapi sekarang 94 persen pembaca kami percaya wanita dengan berbagai ukuran bisa tampil fashionable, dan penting bagi majalah mode untuk menonjolkannya," kata Ali Hall, Editor dari Look Magazine, seperti dikutip dari Daily Mail.

Survei juga membuat daftar bentuk tubuh lima selebriti yang paling didambakan. Tidak ketinggalan bentuk tubuh selebriti yang paling tidak diinginkan.

Lima selebriti yang bentuk tubuhnya paling didambakan

1. Beyonce

1. Kelly Brook

3. Rihanna

4. Kim Kardashian

5. Christina Hendricks

Lima selebriti yang bentuk tubuhnya paling tidak diinginkan

1. Kate Moss

2. Victoria Beckham

3. Kylie Minogue

4. Kristen Stewart

5. Gisele Bundchen

Sumber : VIVAnews
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...