skip to main | skip to sidebar

Pages

Selasa, 22 Februari 2011

Review | Prancis Manis

Karim Benzema (c) AFP
Karim Benzema

Dua gol dari dua pemain Prancis (Karim Benzema dan Bafetimbi Gomis) mewarnai laga Lyon versus Real Madrid, kedua tim harus rela bermain seri 1-1 di Stade de Gerland, Rabu dini hari (23/02). Sebuah modal yang manis bagi Los Galacticos, yang hanya membutuhkan hasil seri tanpa gol saja di leg kedua nanti.

Sama-sama menggunakan strategi 4-2-3-1, yang saling menumpuk gelandang, membuat permainan kedua tim berjalan alot di awal babak pertama. Kedua tim memang mencoba saling menekan, namun dalam 10 menit pertama laju bola hanya berkutat di tengah lapangan saja.

Lyon memiliki peluang pertama untuk mencetak gol dalam laga ini di menit ke-11. Umpan Cesar Delgado memanfaatkan situasi set piece mampu dimanfaatkan Crib dengan tendangan gunting. Akan tetapi, tendangan kapten tuan rumah itu masih melebar di kanan gawang Iker Casillas.

Sementara Los Blancos, butuh waktu selama 29 menit untuk mendapatkan peluang pertama mereka. Itu pun melalui usaha spekulasi dari luar kotak penalti Angel Di Maria. Namun, tendangan keras pemain Argentina yang mengarah ke sudut kanan bawah itu masih bisa diantisipasi Hugo Lloris dengan baik. Dua menit usai peluang itu, Real Madrid mendapatkan peluang melalui tendangan bebas. Seperti biasa Cristiano Ronaldo yang mengambil free kick tersebut. Lagi-lagi Lloris tampil gemilang dan mampu menyelamatkan gawangnya.

Di penghujung babak pertama, Lyon lebih mendominasi jalannya laga dan sempat mendapatkan peluang emas melalui Dejan Lovren. Namun tandukannya memanfaatkan umpan Yoann Gourcuff masih terlalu mudah bagi Casillas. Skor 0-0 pun menutup laga babak pertama.

Di awal babak kedua, Real langsung menggebrak. Lagi-lagi mereka mendapatkan hadiah tendangan bebas. Tendangan CR7 kali ini tak bisa diantisipasi oleh kiper Lyon. Namun gawang lah yang menjadi penyelamat tuan rumah. Semenit kemudian lagi-lagi mistar gawang menjadi penghalang Madrid untuk mencetak gol. Heading Sergio Ramos memanfaatkan umpan corner kick Mesut Ozil masih saja menghajar mistar.

Butuh orang Prancis untuk membobol gawang klub Prancis. Mungkin itu yang ada di pikiran Jose Mourinho saat menarik keluar Emmanuel Adebayor (dalam laga ini menggunakan nomor punggung 28, sebab nomor punggung 6 di Liga Champions sudah didaftarkan Real atas nama Mohamadou Diara), dan menggantikannya dengan Karim Benzema di menit ke 64.

Sebuah pergantian yang berbuah positif. Belum genap semenit ia masuk, Karim Benzema langsung membuktikannya dengan gol. Gol ini berawal dari umpan Cristiano Ronaldo meneruskan bola hasil penetrasi Mesut Ozil. Setelah melewati 3 bek Lyon, Benzema pun sukses menjaringkan bola ke gawang mantan klubnya itu, meski sempat membentur kaki Hugo Lloris. Madrid pun unggul 0-1. Gol ini merupakan rekor baru di Liga Champions musim ini. Benzema menjadi pemain pengganti tercepat yang langsung mencetak gol. Rekor 43 detiknya memecahkan rekor 89 detik yang dipegang pemain AS Roma Leandro Greco saat melawan FC Basel November lalu.

Kemenangan Real harus buyar di menit ke-83, striker Lyon, Bafetimbi Gomis mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Striker Prancis kelahiran Senegal ini dengan jeli mampu memanfaatkan kelengahan barisan lini belakang Real dalam situasi set piece. Tendangan kaki kanannya tidak mampu diatasi Iker Casillas dan skor imbang sama kuat ini pun menutup pertemuan pertama kedua tim ini.

Hasil ini merupakan keuntungan tersendiri bagi Real Madrid yang akan menjadi tan rumah dalam leg kedua nanti. Hasil seri tanpa gol pun akan tetap membuat mereka melangkah ke babak berikutnya.

sumber : bola.net

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...