skip to main | skip to sidebar

Pages

Senin, 14 Februari 2011

Teh Rambut Jagung Atasi Hipertensi

Bagian dari hasil panen jagung yang dianggap sebagai limbah ini ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Gaya hidup modern masyarakat perkotaan semakin memicu terjadinya berbagai penyakit. Salah satunya, penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Menurut data Kementerian Kesehatan, penderita hipertensi di Indonesia saat ini mencapai 21% dari populasi. Sebagian besar penderita masih belum terdeteksi. Padahal, hipertensi dideteksi sebagai pemicu utama penyakit serius lainnya, seperti jantung, otak, saraf, kerusakan hati, hingga ginjal.

Untuk itu, upaya penurunan tekanan darah dapat mencegah berbagai penyakit mematikan tersebut. Pengobatan hipertensi pada umumnya memerlukan waktu lama sehingga pilihan pengobatan yang aman dan tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dalam jangka panjang penting diperhatikan. Herbal menjadi pilihan lantaran relatif tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Selain mengatasi hipertensi, herbal juga dapat mencegah penyakit sampingan akibat hipertensi.

Menurunkan Tekanan Darah

Pilihan pengobatan secara herbal bagi penderita hipertensi kini bertambah dengan gagasan pembuatan teh rambut jagung. Gabungan antara manfaat dengan gaya hidup. Itulah yang mendasari gagasan tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk membuat minuman kesehatan berbahan dasar rambut jagung. “Ide membuat teh karena melihat kebiasaan masyarakat saat ini yang suka minum teh,” ujar Ririn Masrina, salah satu dari tiga mahasiswa pencetus ide tersebut.

Lebih lanjut mengenai liputan ini baca di Tabloid AGRINA versi Cetak volume 6 Edisi No. 146 yang terbit pada Rabu, 2 Februari 2011.


sumber : http://www.agrina-online.com/show_article.php?rid=12&aid=2828

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...