skip to main | skip to sidebar

Pages

Rabu, 16 Februari 2011

Review : Semangat Gudang Senjata Bungkam Barca

Andrei Arshavin (c) AFP
Andrei Arshavin

Meski sempat tertinggal, Arsenal akhirnya mampu mengejar dan berbalik mengalahkan Barcelona 2-1. Andrey Arshavin tampil menjadi pahlawan The Gunners dalam first leg 16 besar Liga Champions Eropa yang berlangsung di Fly Emirates Stadium (16/02).

The Gunners langsung menggebrak di menit-menit awal, meski bola kick off pertama kali digulirkan Barca. Tercatat mereka mendapatkan dua kali peluang di sepanjang lima menit babak pertama berjalan. Yang pertama melalui tendangan bebas Samir Nasri di menit ke-3, serta melalui tendangan volley Robin van Persie memanfaatkan umpan chip Cesc Fabregas dua menit kemudian.

Semntara Blaugrana sempat mendapatkan peluang emas di menit ke-15 melalui Messi setelah menerima umpan terobosan dari David Villa. Messi yang lolos dan tinggal berhadapan dengan Wojciech Szczesny memang bisa mengelabui kiper itu. Namun bola sontekan khasnya masih melebar tipis di kiri gawang tuan rumah.

Barulah di peluang mereka berikutnya Barca mampu membungkam Gooners yang memadati Fly Emirates di menit ke-26. Lionel Messi dengan jeli mengirimkan umpan terobosan kepada David Villa. Tanpa kesulitan Villa pun langsung mengarahkan bola ke gawang melewati tengah kaki Wojciech Szczesny skor pun berubah, 0-1 untuk tim tamu.

Messi akhirnya mampu mencetak gol di menit ke-36 memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Villa. Namun wasit asal Italia, Nicola Rizzoli menganulirnya karena Messi sudah berada dalam posisi offside, dan skor 0-1 tetap bertahan hingga turun minum.

Semangat "Anak-Anak Gudang Senjata" ini tidak mengendur meski mereka tertinggal. Mereka langsung menggebrak sejak peluit tanda jalannya babak kedua dibunyikan.

Sempat terjadi insiden di menit ke-56 saat Pedro Rodriguez dijatuhkan Laurent Koscielny di kotak terlarang. Pedro yang lolos dari jebakan offside, dan tinggal berhadapan dengan kiper itu langsung dijegal Kosc dari belakang. Namun, wasit Rizzoli tidak meniup peluit tanda pelanggaran meski kubu Barca meminta.

Tak urung jua menciptakan peluang yang berarti, Arsene Wenger menarik keluar Alexandre Song dan memasukkan Andrei Arshavin di menit ke-69. Belum juga membuahkan hasil The Professor pun menarik keluar Theo Walcott dan memasukkan striker segar, Nicklas Bendtner di menit ke 77.

Barulah di pergantian yang kedua itu usaha Wenger berbuah hasil. Berawal dari umpan cerdik chip dari Gael Clichy, Robin Van Persie berhasil mencetak gol indah melalui sudut sempit dari sisi kanan pertahanan Barca. Ia mampu memanfaatkan celah di kanan Victor Valdes yang hanya bisa terpana karena mengira RVP akan mengumpankan bola tersebut. Skor berubah 1-1. Arsenal kian menggila usai skor seri ini.

Andrei Arshavin dan laga Liga Champions Arsenal memang seakan tak terpisahkan. Tercatat 12 kali laga Liga Champions sebelum melawan Barca ini, Arsenal selalu menang. Dan malam ini kembali dibuktikan olehnya, dan rekor itu diperpanjang pemain Rusia itu dengan golnya di menit ke-83. Umpan Samir Nasri mampu ia teruskan ke gawang dan membawa Arsenal mengalahkan Barcelona 2-1, serta memperpanjang rekor kemenangan The Gunners dan dirinya menjadi 13 kali.

Peluang Barca memang belum habis, karena mereka setidaknya menabung satu gol untuk laga kedua yang akan berlangsung di Nou Camp. Namun, sayang bagi Messi ia masih belum bisa mematahkan rekor buruknya selama tampil di Inggris. Melawan Arsenal kali ini, ia harus memperpanjang rekornya menjadi 8 kali penampilan di Inggris tanpa gol.

sumber : bola.net

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...