skip to main | skip to sidebar

Pages

Senin, 02 Mei 2011

Borussia Dortmund: Juara Bundesliga, Generasi Baru Sepak Bola Jerman

Jurgen Klopp, mengubah Dortmund dari tim papan tengah menjadi tim juara. (GettyImages)
Jurgen Klopp

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2002, Borussia Dortmund menjuarai Bundesliga menyusul kemenangan 2-0 atas FC Nurnberg, Sabtu (30/4) kemarin, sementara pesaing terdekat mereka, Bayer Leverkusen, kalah dari Koeln.

Dortmund memang layak juara. Skuad Jurgen Klopp mendominasi dan memuncaki Bundesliga sejak akhir Oktober. Dua gol Lucas Barrios dan Robert Lewandowski menjadi penegas status mereka sebagai penguasa Jerman.

Musim ini seolah terasa sempurna untuk Dortmund. Juara Liga Champions 1996/97 itu tak banyak diunggulkan di awal musim. Skuad mereka tak bermaterikan pemain bintang. Jangankan bintang, pemain timnas Jerman yang tampil di Piala Dunia 2010 pun mereka tak punya.

"Kami semua punya motivasi untuk berkembang bersama, tak hanya sebagai individu, tapi sebagai tim," kata gelandang Sven Bender. "Kami selalu ingin memberi yang maksimal. Kami melihatnya setiap hari saat latihan, dan ingin menunjukkannya di lapangan saat akhir pekan. Banyak pemain muda di sini bermain dengan bagus, dan itu sangat membantu kami," jelasnya.

Gelandang Turki kelahiran Jerman, Nuri Sahin, menjadi salah satu rising star Dortmund. Ia tercatat sebagai pemain termuda yang bermain dan mencetak gol di Bundesliga musim 2005/06 lalu. Ia absen lawan Nurnberg karena cedera dan harus absen sampai akhir musim. "Ketika saya mulai bermain di Dortmund, segalanya tak berjalan seperti yang diharapkan. Tahun pertama kami di peringkat tujuh, tahun kedua sangat buruk, kami berjuang menghindari degradasi,"

Ya. Dortmund yang pernah menjuarai Liga Champions dan Bundesliga dalam hitungan waktu yang belum terlalu lama, memang menjalani kompetisi dengan naik turun, tak konsisten, setidaknya bila dibandingkan Bayern Munich yang konsisten di papan atas dan mengejar juara.


Nuri Sahin dkk mendominasi Bundesliga sejak akhir Oktober tahun lalu.

"Tapi sejak Jurgen Klopp datang ke sini kami punya dua setengah hingga tiga tahun yang berjalan sangat baik. Kami makin kuat dari tahun ke tahun, dan kini menjalani musim terbaik kami," lanjut Sahin yang kini jadi rebutan Real Madrid dan tim-tim besar Eropa itu.

Jurgen Klopp. Mantan pelatih Mainz berusia 43 tahun itu sukses mencuatkan nama-nama pemain muda seperti Mario Gotze, Neven Subotic, Sven Bender, Shinji Kagawa, Robert Lewandowski, dan Sahin sendiri tentunya.

Pelatih Leverkusen Jupp Heynckes mengakui timnya gagal menjuarai Bundesliga karena ada tim lain yang memang lebih pantas juara, Dortmund. "Kami menjalani musim yang luar biasa, total poin kami 64 dan secara normal itu sudah bisa juara. Tapi ada tim lain yang memang lebih baik,"

Saat juara tahun 2002, Dortmund ditangani pelatih berusia 34 tahun, Matthias Sammer. Pelatih muda, dinamis, dan mencerminkan gaya sepak bola khas Jerman. Sembilan tahun setelah Sammer, Dortmund dilatih Jurgen Klopp, lulusan ilmu olah raga yang delapan tahun melatih tim medioker Jerman, Mainz.

Klopp mengubah Dortmund dari tim papan tengah menjadi juara dalam waktu dua tahun. "Semua berjalan tanpa harus kami berteriak harus menjadi juara," kata Klopp pada situs resmi FIFA. "Di posisi berapa pun kami mengakhiri kompetisi musim ini, kami sudah sangat jauh melebihi harapan. Tim muda saya pantas bangga," lanjutnya.


Jurgen Klopp diangkat pemain-pemain Dortmund usai memastikan gelar juara Bundesliga 2010/11.

Klopp tak hanya jago taktik sepak bola modern ala Jerman. Ia juga sosok pelatih yang spontan, emosional, dan juga motivator ulung. Klopp sendiri mengaku kaget dengan pencapaian yang diraih Schwarz-Gelb (hitam kuning, julukan Dortmund).

"Tak ada orang di sini yang memprediksi kami memuncaki klasemen setelah 30 pertandingan, dengan selisih poin yang besar dengan tim peringkat dua. Meski demikian, kami selalu tahu bahwa kami memiliki tim muda yang bertalenta dan berambisi,"

Setelah tujuh tahun absen di Liga Champions, Dortmund dipastikan kembali ke kompetisi antar klub Eropa paling bergengsi itu musim depan.

Lihatlah pemain-pemain di skuad Dortmund. Bek kiri Marcel Schmelzer (23 tahun), gelandang serang Mario Gotze (18 tahun) dan gelandang pekerja keras Sven Bender (21 tahun) baru saja dipanggil ke tim senior timnas Jerman, sementara bek tengah Mats Hummels dan bek sayap Kevin Grosskreutz (keduanya berusia 22 tahun) sudah setahun ini bermain di Nationalmannschaft.

Tak hanya Jerman, Dortmund juga punya talenta muda multinasional. Nuri Sahin, 22 tahun, gelandang Turki kelahiran Jerman, menjadi salah satu gelandang tengah terbaik Bundesliga. Dortmund juga punya Shinji Kagawa, striker asal Jepang yang disebut Michael Zorc -direktur olahraga Dortmund- sebagai pembelian terbaik timnya musim ini, meski Kagawa harus absen sampai akhir musim pasca cedera yang dialaminya di Piala Asia 2011.

Westfalenstadion tak hanya berpesta menyambut gelar juara liga, tapi juga generasi baru Dortmund dengan pelatihnya yang jenius dan karismatik, Jurgen Klopp.

sumber : bola.net

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...