skip to main | skip to sidebar

Pages

Kamis, 20 Januari 2011

Tips Oke Menghilangkan Jamur di Lemari Pakaian Anda

Istriku batuk-batuk setelah membersihkan lemari pakaian dan meja belajar si sulung. Saat musim hujan tembok lembab sehingga lemari dan meja belajar dari partikel board (serpihan kayu yang dicampur lem dan dicetak menjadi papan) itu berjamur. Mebelair terbuat dari partikel board yang harganya jauh lebih murah dari yang terbuat dari kayu apalagi kayu jati dan bisa dirakit sendiri karena knock down.

Sempat mengamati mengapa lemari pakaian dan meja belajar itu berjamur padahal meja komputer yang terbuat dari bahan yang sama dan lebih lama kumiliki justru tidak berjamur. Setelah mengorek-ngorek ternyata bahan pelapis luarnya yang berbeda. Meja komputer pelapis luarnya dari plastik sedang dua mebelair yang berjamur pelapisnya semacam kertas mengkilap bercorak seperti kayu.

Karena kelembaban udara yang tinggi di musim hujan, partikel board dengan pelapis dari kertas menjadi media tumbuh jamur yang bagus. Jamur berwarna biru kehitaman yang lembut seperti debu itu sangat mudah tumbuh. Sehari setelah dibersihkan masih tetap tumbuh lagi. Sempat mecoba kuberi dengan cairan pemutih pakaian yang konon bisa mencegah jamur ternyata tetap saja jamur bercokol bahkan sporanya membuat istriku terbatuk-batuk.

Akhirnya menemukan cara mencegah jamur tumbuh yaitu melapisi dengan cat atas saran seorang kawan. Hanya saja kupikir kalau cat menutup corak pelapis yang indah. Setelah bertanya ke beberapa toko bahan bangunan, ada pelapis kayu yang tidak berwarna atau clear yaitu melamin. Biasanya bahan ini sebagai pelapis terakhir mebelair yang dipelitur. Melamin diencerkan dengan tinner dan dicampur hardener yang sudah disertakan. Cairan pelapis itu dapat digunakan dengan kuas atau semprotan.

Sekaleng melamin sekilo dapat untuk melapisi lemari, meja belajar dan pintu. Warna asli tetap kelihatan dan bertambah kinclong. Lebih penting lagi mebelair dari partikel board bebas jamur.

sumber : http://tipsoke.com/tips-oke-menghilangkan-jamur-di-lemari-pakaian-anda.html

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...