skip to main | skip to sidebar

Pages

Sabtu, 22 Januari 2011

Review: Messi Bawa Barca Menjauh

Lionel Messi (c) Zimbio
Lionel Messi

Barcelona berhasil menjauh dari kejaran Madrid setelah mengalahkan Racing Santander dengan skor telak 3-0 pada hari Minggu (23/1) dini hari. Gol Barca disumbangkan masing-masing oleh Pedro, Messi dan Iniesta.

Selain Alves yang masih berkutat dengan cedera, Barca tampil full team. Trio penyerang "mungil" Barca, Pedro, Messi dan Villa tampil memperkuat El Blaugrana di kesempatan ini. Racing juga tampil dengan kekuatan terbaiknya, tidak ada pemain kunci mereka yang cedera.

Kick off babak pertama dimulai, Racing nampak kesulitan mengimbangi permainan Barca. Dan karuan saja baru berjalan satu menit, Pedro berhasil membawa Barca unggul 1-0. Bola chip hasil kerja sama one-two Villa dan Messi berhasil dimanfaatkan Pedro untuk melewati garis gawang Santander.

Barcelona mencoba menguasai permainan tetapi Racing tidak mau menyerah begitu saja. Villa berkesempatan menggandakan keunggulan andai saja tembakannya tidak melebar di sisi kanan gawang Racing.

Babak pertama terus berjalan dengan dominasi Barca yang terus bertambah, sementara pemain Racing bermain turun untuk membantu pertahanan. Serangan seporadis dilancarkan pemain Barca ke gawang Racing, hanya jebakan offside yang mencegah mereka untuk tidak menambah gol.

Di menit ke-20, tendangan lob David Villa bisa saja menambah keunggulan Barca andai saja pemain belakang Racing, Henrique tidak sigap menendang bola sebelum melewati garis gawang.

Racing bertahan dengan baik setelah gol pertama Barca, dua penyelamatan gemilang dari ancaman Puyol oleh kiper mereka, Tono mendapat sorakan huuuuuuuuuyyy dari pendukung Barca.

Tetapi di menit ke-32, pemain bertahan Racing, Henrique melakukan kesalahan fatal dengan menjatuhkan Villa di dalam kotak penalti Racing. Hadiah penalti untuk Barcelona! Messi yang bertindak sebagai eksekutor berhasil mengarahkan bola ke sudut kanan bawah yang tidak bisa dijangkau Tono, 2-0 untuk Barca.

Racing mencoba membalas dengan melakukan serangan balik yang cepat, Rosenberg melepaskan umpan silang dari sisi kanan pertahanan Barca, namun sayang rekannya yang sudah menanti di depan gawang Barca sudah dalam keadaan offside.

Barca kembali mengambil alih kendali dan memperoleh beberapa peluang di akhir babak pertama, namun tak ada satupun yang membuahkan hasil.

Peluang terakhir di babak pertama ini menjadi milik Racing ketika sundulan Adrian di dalam kotak penalti Barca masih dapat ditepis Valdes. Kedudukan tidak berubah, dan babak pertama ditutup dengan skor 2-0 untuk Barca.

Babak kedua dimulai Barca dengan melakukan pergantian pemain, Gerard Pique masuk menggantikan Carles Puyol. Racing mengambil inisiatif serangan di awal babak kedua. Dan mereka bisa saja mengejar ketertinggalan andai tembakan Adrian dari luar kotak penalti tidak melayang di atas gawang Valdes.

Jebakan offside milik Racing masih ampuh untuk mencegah pemain Barca mencetak gol, Maxwell dan Villa adalah dua nama yang sering terkena perangkap Racing ini.

Barca menurunkan tempo untuk memancing pemain Racing keluar dari wilayah mereka, dan taktik ini terbukti berhasil. Iniesta membawa Barca unggul 3-0, menerima umpan tumit dari Pedro di tengah kotak penalti Racing, tembakan pemain 26 tahun ini melepaskan tembakan yang membentur pemain bertahan Racing sebelum bola meluncur melewati garis gawang.

La Blaugrana semakin menggila, passing akurat yang diperagakan pemain Barca membuat pemain Racing kewalahan. Belum lagi lini depan Barca yang seringkali menjadi ujian berat bagi Tono.

Menjelang berakhirnya babak kedua pelatih Barca, Pep Guardiola memilih untuk mengistirahatkan Xavi dan memasukkan Keita, serta Bojan masuk menggantikan Pedro. Sementara di kubu Racing, Rosenberg ditarik keluar digantikan oleh Julian Luque.

Barca memperoleh kesempatan terakhirnya di menit ke-90 melalui Messi, namun lagi2 aksi cemerlang Tono menggagalkan gol ke-4 bagi Barca. Pertandingan pun ditutup dengan skor 3-0 untuk kemenangan Barcelona.

sumber : http://www.bola.net/spanyol/review-messi-bawa-barca-menjauh-c765ce.html

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...