skip to main | skip to sidebar

Pages

Kamis, 20 Januari 2011

Gunung Puncak Datar, dan Misteri Kekayaan Alamnya

Kalau kita mendengar kata gunung, pasti yang kita bayangkan adalah daratan tinggi dengan puncak berbentuk rada kerucut. Pernahkah anda bayangkan kalau gunung tersebut ternyata ada lho yang datar di puncak nya?

Gunung Roraima, demikianlah nama gunung yang mempunyai puncak yang datar. Gunung ini mulai terkenal pada tahun 1912 ketika Sir Arthur Conan Doyle pengarang novel fiksi berjudul The Lost World melakuan pendakian ke gunung tersebut untuk melakukan eksplorasi dalam riset pencarian spesies tanaman prasejarah dan dinosaurus yang diyakini hidup terisolasi dan tidak berubah selama jutaan tahun di puncak gunung.

Seorang penjelajah Jerman, Robert Schomburgk, merupakan orang pertama yang menemukan gunung ini pada tahun 1838. Diikuti oleh ahli botani Inggris Everard Im Thurn yang pada 18 Desember 1884 dengan Harry Perkins. Walaupun mereka berdua bukan yang pertama menemukan gunung tersebut tetapi mereka merupakan orang pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Roraima.

Setelah kedua ilmuwan tersebut berhasil mencapai puncak, gunung ini semakin terkenal dengan flora dan fauna nya yang aneh. Oleh sebab itu, banyak ekspedisi ilmiah Inggris lainnya yang pergi keasana untuk mengumpulkan dan melakukan riset mengenai flora dan fauna aneh dimana kemudian gunung ini ditetapkan dalam daftar situs warisan dunia. Jadi bukan bentuk nya saja yang aneh ya, tetapi juga kandungan flora dan fauna nya.




sumber : http://uniqpost.com/13084/gunung-puncak-datar-dan-misteri-kekayaan-alamnya/

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...