skip to main | skip to sidebar

Pages

Kamis, 20 Januari 2011

Tips Membuat Jus yang Enak dan Menyehatkan

Kata-kata jus ataupun minum jus telah banyak dikenal oleh kita semua dan bahkan banyak digunakan sebagai terapi penyakit-penyakit tertentu. Nah, untuk menambah khazanah pengetahuan kita tentang pembuatan jus dan agar kita lebih banyak mendapat manfaat dari jus yang kita buat, yuk sama-sama menyimak kiat-kiat membuat jus enak, segar dan sehat.

Keistimewaan jus dengan bahan mentah
Pembuatan jus, sebaiknya dengan menggunakan bahan-bahan mentah. Pembuatan jus tanpa pemasakan ini, akan menjaga kandungan enzim dan senyawa fitonutrisi yang merupakan antioksidan alami dalam buah dan sayuran. Pemasakan membuat enzimnya tidak aktif, karena zat-zat tersebut sangat sensitif terhadap suhu panas. Dikatakan, enzim dan senyawa fitonutrisi sudah akan mulai kurang aktif pada suhu 40C.
Dengan masih utuhnya kandungan enzimnya, nutrisi dalam jus buah dan sayuran lebih mudah diser ap tubuh, dan dengan demikian pula insyAlloh jus yang kita minum akan benar-benar efektif untuk membantu pemulihan kesehatan dan mencapai standar hidup sehat yang lebih baik.

Gula pasir, sirup, dan susu kental manis dalam jus.
Agar terapi jus benar-benar bermanfaat, disarankan oleh pakar jus untuk tidak mencampurkan gula pasir, sirup atau susu kental manis ke dalam jus kita. Penggunaan bahan-bahan ini ke dalam jus akan mengurapi efek pengobatan dari jus sehat kita. Dalam pencernaan kita, gula pasir akan merusak zat-zat bermanfaat sehingga zat-zat gizi tersebut tidak bisa dimanfaatkan oleh tubuh kita secara optimal. Selain itu, kandungan gula pasir dalam jus yang kaya vitamin C justru akan mengurangi peran vitamin C sebagai pengendali sistem kekebalan tubuh. Untuk membuat jus sehat agar lebih menggugah selera, cukuplah kita gunakan bahan alami seperti madu, yang dapat dimanfaatkan sebagai penambah cita rasa.

Bahan pemanis alami
Untuk mendapatkan rasa manis alami, dapat digunakan buah-buahan kering dengan cara direndam terlebih dahulu hingga mengembang lalu dicampurkan ke dalam jus. Contoh buah kering adalah kismis atau kurma. Dan jika memungkinkan untuk mendapatkan rasa manis secara alami dari buah-buahan yang sering dicampurkan ke dalam jus, semisal: mangga, rambutan, jeruk keprok, pisang, sirsak, dan lain-lainnya tentu lebih baik.

Sumber :
- tipsoke.com
- andhiena.multiply.com

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...