skip to main | skip to sidebar

Pages

Sabtu, 30 April 2011

Duh, Buah Zakar Nyeri Saat Dipakai Berlari

img

Jakarta, Atlet atau pria aktif biasanya pernah mengalami rasa sakit atau nyeri di testis (buah zakar) saat sedang berlari atau olahraga. Kenapa bisa begitu?

Secara anatomi, buah zakar alias testis sangat sensitif dan rentan terhadap cedera. Pelari atau atlet dapat berisiko tinggi mengalami ketegangan di selangkangan, trauma langsung atau luka lain yang dapat menyebabkan nyeri testis.

Nyeri testis bisa terjadi karena berbagai alasan, beberapa diantaranya tidak dapat diidentifikasikan. Meski sebagian besar kasus tidak serius, tapi nyeri testis kadang-kadang dapat menjadi bagian dari kondisi yang berbahaya.

Penyebab nyeri testis saat berlari biasanya jinak dan tidak berbahaya. Penyebabnya bisa karena gerakan yang berlebihan atau cedera pangkal paha akibat pakaian yang tidak sesuai.

Dilansir dari Livestrong dan Mayoclinic, Minggu (1/5/2011), pada kasus yang lebih serius, nyeri testis saat berlari juga dapat disebabkan karena hernia. Nyeri testis juga dapat disebabkan karena masalah lain di dalam tubuh, seperti di ginjal atau perut.

Dan pada kasus yang parah, nyeri pada testis tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi pertanda penyakit
yang serius, antara lain:

1. Testis pecah
2. Batu ginjal
3. Orkitis (peradangan pada testis yang umumnya disebabkan oleh beberapa bakteri atau virus, seperti gondok, brucellosis dan PMS tertentu)
4. Spermatokel (disebabkan oleh kista yang tumbuh di epididimis, yaitu tabung melingkar yang terletak di belakang setiap testis)
5. Varikokel (varises yang terjadi pada testis)
6. Epididimitis (peradangan pada epididimis)
7. Hematokel (penumpukan darah pada rongga tubuh)
8. Torsi testis (keadaan yang mana saluran spermatika terpuntir sehingga terjadi gangguan dalam mendapatkan alirasn darah ke testis)
9. Kanker testis
10. Hernia inguinalis


Bagaimana mengatasinya?

Pada kasus yang ringan, agar tidak terjadi nyeri testis pada saat berlari sebaiknya kenakan pakaian keselamatan yang tepat dan dapat membantu mencegah sakit pada testis saat berlari.

Pakaian pendukung biasanya terbuat dari bahan nilon atau mesh yang memungkinkan keringat menguap dan mencegah gerakan berlebihan yang dapat menyebabkan nyeri.

Namun pada kasus yang parah seperti menunjukkan gejala lain seperti luka memar, bengkak atau perdaraha, maka sebaiknya segeralah mencari pertolongan medis.

sumber : http://health.detik.com/

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...