skip to main | skip to sidebar

Pages

Jumat, 11 Februari 2011

5 Cara Mudah Mengatasi Sindrom Menjelang Menstruasi

nyeri haid

Bagi perempuan yang mengalami sindrom menjelang menstruasi (Prementruasi syndrome; PMS) tentunya merasakan kekhawatiran apabila mendekati waktu menstruasi. Kram perut, perubahan suasana hati, rasa sakit, kembung, mual merupakan beberapa gejala yang sering muncul menjelang menstruasi.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan oleh para perempuan untuk mengurangi gejala sindrom menjelang menstruasi, antara lain:

1. Olah raga ringan

Olah raga ringan seperti jalan kaki, berenang, senam dapat membantu mengurangi kram dan perut kembung. Yoga dan pilates baik juga untuk relaksasi dan peregangan.

2. Tidur dan Istirahat yang cukup

Pada saat tidur tubuh akan melakukan proses penyembuhan dan memulihkan energi anda. Pada saat menstrasi tubuh anda akan merasa jauh lebih lelah, tidur dan istirahat yang cukup akan membantu memulikan kebugaran anda.

Jika Sindrom menjelang menstruasi membuat anda kesulitan tidur, maka anda harus mengurangi asupan kafein untuk membuat anda tertidur.

3. Kurangi ngemil

Saat sedang menstruasi sebaiknya anda mengurangi kebiasaan untuk ngemil terutama coklat, snack atau makanan ringan lainnya. Fluktuasi hormon dapat menyebabkan anda kecanduan. Anda harus menjaga pola makan, perbanyak minum air putih, jaga asupan garam dan kadar gula darah. Hal ini akan membantu menjaga nafsu makan dan mengurangi rasa kembung dan sebah di perut.

4. Gunakan bantal atau botol air panas

Bantal atau botol air panas yang diletakkan di perut bagian bawah atau punggung dapat meredakan kram perut dan dapat menimbulkan rasa nyaman di perut.

5. Jangan sembarangan minum obat

Banyak perempuan yang mengkonsumsi obat pereda rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen, selain itu mungkin juga mengkonsumsi jamu atau herbal untuk mengurangi rasa sakit. Sebaiknya jangan sembarangan minum obat karena bisa menimbulkan efek jangka panjang.

sumber : http://gayahidupsehat.org/5-cara-mudah-mengatasi-sindrom-menjelang-menstruasi/

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...