skip to main | skip to sidebar

Pages

Kamis, 13 Januari 2011

PAGI HARI WAKTU TERBAIK UNTUK PEMERIKSAAN KOLONOSKOPI

Pagi hari sebelum beraktivitas merupakan waktu yang paling ideal untuk melakukan pemeriksaan kolonoskopi atau pemeriksaan untuk mendeteksi bahaya kanker usus besar.

Menurut studi terbaru, 20 persen polip atau tumor terdeteksi dengan baik saat kolonoskopi dilakukan di pagi hari, dibandingkan dengan di siang atau sore hari. "Makin siang, makin sedikit polip yang ditemukan," kata Dr.Brennan M.R.Spiegel, asisten profesor kedokteran dari University of California.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology ini, Spiegel menilai hasil kolonoskopi 477 pasien di West Los Angeles Veterans Medical Center pada tahun 2006 dan 2007. Prosedur kolonoskopi dilakukan pada jam 7.45 dan 1.00 siang.

Hasilnya, 29,3 persen prosedur yang dilakukan di pagi hari mampu mendeteksi minimal satu polip, bandingkan dengan 25,3 persen yang dilakukan di sore hari. "Memang dampaknya kecil, tapi sangat terukur dan penting," katanya.

Dengan menggunakan alat kolonoskop, seorang dokter ahli dapat memeriksa seluruh seluruh dinding usus besar dengan teliti untuk mendeteksi adanya tumor ataupun polip yang bila dibiarkan dengan berjalannya waktu bisa berubah menjadi tumor ganas (kanker). Di negara maju, pemeriksaan ini dianjurkan untuk pasien berusia di atas 40 tahun.

sumber : http://mypotik.blogspot.com/

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...