skip to main | skip to sidebar

Pages

Selasa, 11 Januari 2011

Mengatasi Kram Otot Saat Latihan

Mengatasi-Kram-Otot-Saat-Latihan

Banyak dari kita mengalami kram (kejang) otot saat melakukan latihan. Dan hal ini bisa sangat menganggu. Artikel ini akan membahas apa-apa saja yang menyebabkan kram otot dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Kram Otot

Hal yang menarik dari kram otot yaitu tidak diketahui penyebab pastinya. Ini adalah masalah yang sangat umum, namun para ilmuwan masih ragu tentang penyebab pastinya. Banyak ide-ide menarik telah dikemukakan. Beberapa mengatakan bahwa hal ini karena kurangnya pemanasan/peregangan dan kram terjadi ketika kontraksi otot terganggu dan rusak oleh asam atau kerusakan lain di otot. Lainnya percaya jika hal itu adalah tanda dehidrasi dan dapat dicegah dengan minum air sebelum berolahraga. Terakhir, banyak juga orang yang percaya bahwa itu dikarenakan penurunan kadar garam dan mineral penting dalam tubuh.

Bagaimana Mencegah Kram Otot Saat Latihan

Otot yang sehat sangat kecil kemungkinannya untuk mengalami kram dibanding otot yang baru melakukan latihan dan otot yang tua serta rusak. Peregangan secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah kram otot karena memperpanjang serat otot dan membantu mereka untuk mempertahankan fungsi yang sehat. Salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kram otot yaitu dengan melakukan peregangan dan meningkatkan kesehatan dan fleksibilitas otot Anda.

Bagaimana Mengatasi Kram Otot Saat Latihan

Ketika otot-otot Anda kehabisan oksigen Anda akan cenderung mengalami kram. Latihan saat kram hanya akan membuat otot kehilangan oksigen lebih banyak lagi dan membuat kram Anda semakin parah. Sangat penting untuk berolahraga di lingkungan yang sejuk, jauh dari panas yang menyengat. Hal ini sangat sangat berpengaruh pada tubuh yang kram. Jika Anda berlari di siang hari yang panas, cobalah untuk masuk ke dalam dan lakukan latihan ringan pada tempat yang lebih dingin.

Minum Untuk Menggantikan Cairan yang Hilang

Dan terakhir, regangkan sedikit otot Anda dan tahan selama yang Anda bisa. Biarkan tubuh untuk mengendurkan otot-otot Anda saat melakukan peregangan. Hal ini salah satu cara tebaik untuk menghentikan rasa sakit.

Semakin Anda berlatih dari waktu ke waktu, semakin kecil kemungkinan Anda untuk mengalami kram otot. Ingat untuk selalu minum dan melakukan peregangan sebelum, saat, dan setelah melakukan latihan. Ikuti tips sederhana tersebut untuk membantu masalah kram Anda!

sumber : http://www.duniafitnes.com/featured/mengatasi-kram-otot-saat-latihan.html

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...