skip to main | skip to sidebar

Pages

Selasa, 04 Januari 2011

PDIP Terus Jajaki Koalisi dengan Demokrat



Jakarta: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus menjajaki kemungkinan koalisi dengan Partai Demokrat untuk menyongsong Pemilu 2014 mendatang.

"Penjajagan koalisi itu antara lain membicarakan soal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden," kata Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufiq Kiemas di Gedung DPR RI di Jakarta, Senin (3/1).

Menurut Taufiq, dalam pembicaraan soal calon presiden dan calon wakil presiden baru sebatas gagasan dan mencari kesamaan platform, tapi belum membicarakan soal figur.

PDI Perjuangan sendiri, menurut Taufiq belum menentukan siapa figur yang akan diusung sebagai calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu 2014.

"Kalau soal figurnya silahkan tanya ke pengurus DPP PDI Perjuangan," katanya.

Meski menjajaki kemungkinan koalisi, tapi PDI Perjuangan tetap tidak ingin masuk kabinet, karena bisa terjadi praktik transaksional.

"Kalau ada kader PDI Perjuangan yang ditawari kursi menteri dengan kontrak politik, itu transaksional," katanya seraya menambahkan bahwa kemungkinan koalisi yang dijajagi PDIP dengan Partai Demokrat adalah bersama-sama membangun bangsa dan negara.

"PDI Perjuangan menilai, dalam membangun bangsa dan negara kia tidak melihat partai politik berada di dalam atau di luar lingkaran pemerintah tapi memiliki komitmen yang sama," katanya.

Menurut Taufik, semangat PDI Perjuangan untuk membangun komunikasi politik yang lebih baik dengan Partai Demokrat terus dilakukan dan rencana itu sudah dibicarakan hingga ke tingkat kader partai. "Saya kira kader partai sudah tahu sehingga tidak ada yang protes," kata Taufiq.

Taufiq menambahkan, di tahun 2011 ini sudah saatnya partai politik mempersiapkan diri membangun komunikasi politik dengan partai lain guna mempersiapkan Pemilu 2014. Apalagi jika keinginan dari parpol tersebut untuk mempersatukan pandangan guna mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang sama, prosesnya tidak sebentar.

"Padahal dua tahun lagi sudah memasuki tahap pendaftaran calon legislatif," katanya. Taufiq juga mengatakan, PDI Perjuangan tidak hanya menjajaki kemungkinan koalisi dengan Partai Demokrat tapi juga dengan partai politik lainnya.

PDI Perjuangan, berharap apa pun partai politik yang berkoalisi di Pemilu 2014 kelak bisa memenangkan pemilu dan menyelenggarakan pemerintahan yang kuat tanpa politik transaksional.

sumber : http://id.news.yahoo.com/lptn/20110103/tpl-pdip-terus-jajaki-koalisi-dengan-dem-e5c0aa3.html

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...