skip to main | skip to sidebar

Pages

Rabu, 09 Maret 2011

Hewan-Hewan yang Menghasilkan Listrik

Alam adalah tempat yang keras untuk melangsungkan hidup . hewan bahkan tidak berbicara seperti yang mereka lakukan dalam film dokumenter seperti Madagaskar dan The Ant Bully . Namun, alam masih memiliki potensi untuk hiburan tanpa batas seperti film-film tersebut tapi sayangnya hiburan ini biasanya datang dalam bentuk sesuatu yang menjijikkan atau mematikan .

Karena kebanyakan komposisi dari bumi ini adalah air , maka masuk akal bahwa beberapa mekanisme pertahanan yang paling spektakuler (dan juga serangan) dalam kerajaan hewan adalah berada di laut . Beberapa binatang menakutkan bahkan dapat memanfaatkan kekuatan listrik dan menggunakannya sebagai senjata!!

ELECTRIC CATFISH (AFRIKA)



Ikan ini memiliki nafsu makan yang tak pernah terpuaskan, yang mencakup cacing, ikan lainnya, dan udang . Ikan ini begitu percaya diri dalam kemampuan mereka untuk menyentrum mangsanya dan mengusir pemangsa, mereka bahkan tidak merasa perlu memiliki sirip punggung . yang menakjubkan dari ikan ini adalah ia dapat melepaskan tegangan listrik hingga 350 volt, jika anda bertemu dengan ikan jenis ini,maka sebaiknya berhati-hati jika tidak ingin pingsan karena disentrumnnya.

The Hammerhead Shark



Mereka adalah predator agresif yang memakan ikan, ikan pari, cumi-cumi, dan udang-udangan. Mereka ditemukan di perairan hangat sepanjang garis pantai, dan paparan benua.

Bentuk kepalanya yang seperti martil menyebabkan mereka mampu berbelok dengan benar. Seperti semua hiu, hiu martil memiliki pori sensor electrolocation yang disembut ampullae of Lorenzini. Dengan menyebarkan reseptor di berbagai area, hiu martil dapat mencari mangsa dengan lebih efektif. Hiu ini mampu mendeteksi sinyal listrik setengah miliar Volt. Kepala yang berbentuk seperti martil juga memberikan keuntungan berupa area penciuman yang lebih luas, meningkatkan potensi menemukan partikel di air sedikitnya 10 kali dibandingkan dengan hiu 'klasik' lainnya.

COFFIN RAY



Pada kenyataannya ikan ini belum diketahui menyerang manusia. Jadi, sementara "coffin ray" dapat menghasilkan kejutan hingga 200 volt itu sangat jarang digunakan terhadap manusia. Pemburu nokturnal ini menggunakan muatan listrik untuk membuat pingsan mangsanya dan mengusir predator . penyelam dan perenang tanpa disadari kadang-kadang mengalami kejutan ini dan menyebabkan mati rasa, lalu memberi julukan "coffin ray" dengan "numb ray" atau "numbie" . Satu hal menakjubkan dari ikan ini adalah kemampuan untuk bertahan hidup keluar dari air selama beberapa jam.

ELECTRIC RAY



Masih saudaraan sama coffin ray,tetapi beda jenis . sama Seperti rekan-rekan listriknya, kejutan listriknya digunakan untuk mengusir predator dan menyentrum mangsanya. ikan ini juga memiliki kemiripan dengan Hammerhead Shark dalam hal mendeteksi mangsa . electric ray dapat melepaskan muatan hingga 200 volt. Namun, yang membuat ikan ini berbeda, ia dapat melepaskan sampai 30 amp. Ini lebih dari cukup untuk membunuh Anda jika kondisi benar. namun ikan ini tidak agresif,bahkan cenderung pendiam .

ELECTRIC EEL



Bentuk tubuh belut listrik unik. Hampir 7/8 bagian tubuhnya berupa ekor. Di bagian ekor inilah terdapat baterai-baterai kecil berupa lempengan-lempengan kecil yang horizontal dan vertikal. Jumlahnya sangat banyak, lebih dari 5.000 buah. Tegangan listrik tiap baterai kecil ini tidak besar, tetapi kalau semua baterai dihubungkan secara berderet (seri), akan diperoleh tegangan listrik sekitar 600 volt (bandingkan dengan batu baterai yang hanya 1,5 volt).

Ujung ekor bertindak sebagai kutub positif baterai dan ujung kepala bertindak sebagai kutub negatif. Belut listrik dapat mengatur hubungan antara baterai kecil dalam tubuhnya itu untuk mendapat tegangan listrik kecil dan tegangan listrik besar.

Untuk navigasi, belut listrik hanya membutuhkan tegangan listrik yang kecil. Tetapi ketika ketemu musuh atau mangsanya, belut listrik akan memberikan tegangan semaksimal mungkin melalui kepala dan ekornya yang ditempelkan pada tubuh musuh atau mangsanya itu. Arus listrik sekitar 1 ampere yang ditimbulkan oleh tegangan listrik yang tinggi ini akan mengalir dan membunuh mereka. Hewan lain tidak terganggu karena mereka tidak bersentuhan langsung dengan ekor dan kepala belut.

source:kaskus.us

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...