skip to main | skip to sidebar

Pages

Sabtu, 11 Desember 2010

Pengamat : Persentase Kemiskinan Tertinggi Terdapat di Polman

Mamuju (ANTARA News) - Pengamat demografi dari Universitas Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan, Dr Agussalim, mengatakan, persentase kemiskinan di Sulawesi Barat, tertinggi terdapat di Kabupaten Polewali Mandar atau Polman dan terendah di Kabupaten Mamuju Utara.

"Persentase penduduk miskin menurut kabupaten di Sulbar dalam tiga tahun terakhir yakni tahun 2006-2009, maka Kabupaten Polman tetap tertinggi dengan capaian sebesar 21,40 persen dan terendah terdapat di Kabupaten Mamuju Utara dengan kisaran 6,50 persen," kata Agussalim di Mamuju, Kamis.

Dia menjelaskan, tiga kabupaten lainnya yakni Kabupaten Majene persentasenya berkisar 18,10 persen, kemudian Kabupaten Mamasa hanya berkisar 17,90 persen dan Kabupaten Mamuju hanya berkisar 8,10 persen.

Ia mengatakan, lebih dari dua per tiga dari jumlah penduduk Sulbar dinyatakan kategori miskin yang umumnya bermukim di pedesaan.

"Penduduk miskin di pedesaan mendominasi angka kemiskinan jika dibandingkan masyarakat perkotaan. Penduduk miskin yang ada di pedesaan mencapai 114,7 persen di tahun 2009 dan di perkotaan hanya 43,5 persen," jelasnya.

Karena itu, kata dia, Pemprov Sulbar tidak boleh lengah dengan capaian pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia dengan capaian 15,9 persen.

"Memang pertumbuhan ekonomi Sulbar patut diberikan apresiasi positif. Namun, pemerintah tidak boleh lengah dengan angka pertumbuhan ekonomi yang kemungkinan tertinggi di dunia," ungkapnya.

Dia menerangkan, angka pertumbuhan ekonomi yang signifikan itu belum bisa dijadikan sebagai dasar membaiknya perekenomian di Sulbar karena faktanya angka kemiskinan dan daya beli masyarakat masih sangat berkurang.

Ia menilai, pertumbuhan ekonomi Sulbar yang diatas pertumbuhan nasional diproyeksikan akan tetap berlanjut dalam beberapa tahun ke epan. Namun demikian, komparasi pertumbuhan ekonomi ini harus benar-benar di cermati sehingga kelak tetap bisa dipertahankan.

"Bisa jadi, pertumbuhan ekonomi yang signifikan ini hanya terjadi dalam beberapa tahun kedepan, namun setelah itu kembali stagnan karena belum adanya pemerataan pemangkasan angka kemiskinan di Sulbar," jelasnya. (T.KR-ACO/Y006)

sumber : http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/22589/pengamat--persentase-kemiskinan-tertinggi-terdapat-di-polman

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...