skip to main | skip to sidebar

Pages

Minggu, 05 Desember 2010

Garuda Yang Sungguh Sempurna

Bola.net - Indonesia mampu tampil sempurna, Laos berhasil dipukul 6-0, di partai kedua Piala AFF, sungguh luar biasa perkasanya anak-anak timnas Garuda, Sabtu di GBK (04/12).

Timnas Garuda Merah Putih tetap mempertahankan the winning team kala menggasak Malaysia 5-1 di starting line up mereka, duet Cristian Gonzales dan Irfam Bachdim tetap menjadi tumpuan utama lini depan.

Dengan dukungan melimpah para fans yang memenuhi stadion Gelora Bung Karno Indonesia langsung coba menekan sejak menit-menit awal, beberapa peluang sempat di dapat.

Di antaranya serangan balik cepat yang digagas Firman Utina dan M Ridwan namun masih mampu diredam bek Laos, sementara sebuah sundulan Hamka Hamzah belum menemui sasaran hanya melebar saja.

Laos juga bukan tanpa perlawanan beberapa kali mereka juga berupaya menembus barisan pertahanan timnas Indonesia, bahkan salah satu paling bahaya melalui tembakan spekulasi Khaysone Soukhavong.

Bola yang melaju kencang beruntung hanya membentur pojok tiang gawang Markus Horison. Indonesia begitu beruntung pastinya dengan ancaman tersebut.

Pada menit 24 Laos sempat kembali mendapat peluang, disebabkan salah antisipasi lini belakang, namun tembakan striker Laos masih melebar.

Firman Utina membawa Timnas Garuda Merah putih Indonesia sementara waktu unggul 1-0, melalui eksekusi penalti yang sukses ia hunjamkan pada menit 27.

Penalti didapatkan Indonesia setelah aksi Cristian Gonzalez yang menerima bola menusuk ke kotak penalti, namun sambaran kaki bek Laos, Saynakhonevieng Phommapanya, menggagalkannya hingga ia terjatuh.

Tak ayal wasit menunjuk titik putih serta memberikan kartu kuning kepada Phommapanya, dan memberikan tendangan penalti Indonesia yang akhirnya membuat timnas kita memimpin 1-0 untuk sementara.

Tak perlu waktu lama bagi timnas Indonesia yang bersemangat untuk menambah gol, Muhammad Ridwan berhasil mencetak gol kedua timnas malam itu menit 33, memanfaatkan kesalahan antisipasi bek-bek Laos.

Bola berhasil ia curi dengan gerakan cepatnya, ia menusuk melewati hadangan para bek, bola ia sepak meluncur ke arah gawang dan sempat membentur bek Laos namun bola tetap melewati garis, 2-0 Indonesia memimpin.

Laos nampak begitu grogi dan tegang usai tertinggal dua gol yang cukup cepat temponya, berulang kali pemain mereka nampak salah komunikasi dan banyak melakukan kesalahan dalam mengumpan.

Ketika wasit meniup peluit tanda waktu untuk turun minum, Indonesia masih tetap memimpin 2 gol bersih dari Laos. Sungguh momentum yang begitu baik pastinya bagi timnas negara kita.

Sesaat kemudian babak kedua kembali dimainkan, kedua tim tak mengubah komposisi hingga saat ini, Indonesia belum mau mengendurkan tekanan dan terus gencar menyerang.

Cristian Gonzales yang menerima bola liar melepaskan tembakan keras, namun kiper Laos dengan sigap masih menghalaunya hingga menjadi sepak pojok saja.

Corner coba dieksekusi dengan mengirimkan bola ke kotak penalti, namun bola membentur di samping kiri pertahanan Laos, Firman Utina yang mengontrol bola melepaskan tembakan melintang dari sudut sempit dan berbuah gol ketiga bagi timnas Indonesia kali ini menit 49.

Pada menit ke-62 Indonesia berhasil menambah gol kembali, kali ini Irfan Bachdim yang menjadi pelakunya, sebuah kerja sama satu dua dengan Gonzales di depan penalti Laos, ia tuntaskan dengan tembakan menyilang, menempatkan bola ke tiang jauh hingga tak terjangkau kiper lawan.

Bambang Pamungkas dimasukkan oleh Alfred Riedl guna menggantikan posisi Cristian Gonzales. Bachdim kembali memiliki peluang di menit 67, situasi nyaris serupa dengan saat ia mencetak gol, ketika ia melakukan sprint menerima umpan terobosan namun sayang penyelesaiannya masih sedikit melebar saja.

Pencetak gol kedua M Ridwan ditarik untuk digantikan tempatnya oleh Arif Suyono, tak butuh waktu lama untuk menunjukan Arif memang benar-benar sosok Super Sub ia menceploskan gol kelima bagi timnas Indonesia.

Arif menyambar bola kemelut di kotak penalti Laos memanfaatkan free kick yang dilepaskan Firman Utina dari sisi kanan pertahanan Laos pada saat laga memasuki menit ke-75.

Tak sampai di situ gol Indonesia berhenti, kali ini giliran Oktovianus Maniani yang mempersembahkan gol keenam Merah Putih menit 79, aksinya yang melakukan sprint berbuah gol pertamanya bagi timnas Indonesia sekaligus gol penutup di laga ini, begitu Super Indonesia malam ini.

Hasil ini pula memastikan Indonesia melangkah ke babak Semi Final Piala AFF serta memastkan diri sebagai juara Grup A, sementara calon lawan mereka di Semi Final masih harus menunggu tim yang keluar sebagai runner up Grup B nantinya. (bola/lex)

sumber : http://www.bola.net/tim_nasional/review-garuda-yang-sungguh-sempurna-319772.html

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...