skip to main | skip to sidebar

Pages

Minggu, 05 Desember 2010

Kenali Gejala Kanker Leher Rahim

Tahukah anda berapa jumlah penderita kanker leher rahim di dunia ? atau anda salah satunya ? saya berharap tidak. Lalu apakah gejala kanker leher rahim tersebut ?. Kanker leher rahim adalah tumbuhnya sel-sel tidak normal pada leher rahim ( begitulah sederhananya ).

KANKER leher rahim atau yang lebih dikenal dengan nama kanker serviks merupakan penyakit nomor satu yang membunuh kaum Hawa di Indonesia. Disusul kemudian kasus kanker payudara dan kanker paru. Salah satu penyebab hilangnya nyawa manusia dengan mudah itu karena informasi yang berkaitan dengan kanker serviks belum dapat menjangkau seluruh masyarakat, terutama wanita. Padahal, semua wanita berisiko terkena kanker yang menyerang organ utama mereka.

Menyadari pentingnya pengetahuan mengenai penyakit ini, maka sudah seharusnya kaum wanita meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan kanker serviks.

Gejala kanker leher rahim :

1. Pada tingkat dini, kanker leher rahim seringkali tidak menunjukan gejala atau tanda yang khas. Sehingga sukar dikenali dengan cara biasa. Lacak sendiri gangguan kesehatan anda disini.
2. Keputihan, pendarahan sesudah senggama di curigai sebagai gejalanya. Walaupun tidak selalu, hal tersebut juga merupakan gejala pada polip leher rahim atau radang leher rahim.
3. Gejala kanker leher rahim pada tingkat lanjut seringkali menunjukkan hal-hal sebagai berikut :
1. Haid tidak normal
2. Pendarahan tidak pada masa haid
3. Pendarahan pada masa monopouse
4. Keputihan atau keluar cairan encer putih kekunigan terkadang bercampur darah

Dan berikut faktor resikonya :

1. Melakukan hubungan sex di usia muda < 20 tahun.
2. Berganti-ganti pasangan sex.
3. Melakukan hubungan sex dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan.
4. Merokok atau terpaparnya asap rokok ( perokok pasif ).
5. Kurang menjaga kebersihan kelamin.

Faktor resiko kanker leher rahim belum diketahui secara pasti. Kurang lebih 90 % di duga penyebabnya adalah Virus papiloma Manusia ( HPV ).

sumber : http://www.sobatsehat.com/info-sehat/kenali-gejala-gejala-kanker-leher-rahim/

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...