skip to main | skip to sidebar

Pages

Jumat, 10 Desember 2010

Barca Pecahkan Rekor Sponsor



Liputan6.com, Barcelona: Barcelona menyetujui lamaran Qatar Foundation (Yayasan Qatar) sebagai sponsor utama yang akan terpampang di depan kostum mereka. Barca nantinya akan menerima bayaran 30 juta euro atau sekitar Rp 372 miliar per musim. Sementara kontraknya berakhir pada musim 2015-16.
Nilai kontrak sponsor ini menorehkan rekor tertinggi. Seperti dilansir Jumat (10/12), secara keseluruhan Barca akan menerima pemasukan senilai 170 juta euro atau Rp 2,1 triliun. Pemasukan ini sangat berarti banyak bagi Barca yang sedang mengalami kesulitan finansial.

Total nilai kontrak itu termasuk hak komersial yang nilainya mencapai 15 juta euro, termasuk untuk musim ini. Itu belum termasuk bonus jika mampu memenangi gelar juara yang kira-kira sebesar 5 juta euro. Sementara kerjasama dengan UNICEF atau Badan PBB untuk Anak-anak, di mana Barca menyetorkan 1,5 juta euro per tahun, tetap akan dipertahankan.

Akan tetapi belum diputuskan apakah UNICEF tetap bersanding dengan Qatar Foundation di depan kostum Lionel Messi dkk atau ditempatkan di bagian lain. "Dengan kerja sama ini maka Barca menjadi pemimpin brand terkemuka di dunia sepak bola, di atas rival-rival lain," kata Javier Faus, Wakil Presiden Barca.

Qatar Foundation merupakan yayasan yang didirikan Sheikh Hamad Bin Khalifa Al Thani, Emir Qatar. Yayasan ini didirikan pada 1995 yang fokus pada perkembangan dunia pendidikan, ilmu pengetahuan dan riset. Pekan lalu negara kecil di Jazirah Arab ini terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 dan kontrak sponsor ini diperkirakan merupakan bagian dari membangun citra secara global. Pelatih Barca Pep Guardiola merupakan salah satu dari duta kampanye Qatar untuk tuan rumah Piala Dunia 2022.

Kesepakatan sponsor ini termasuk di dalamnya yaitu satu pertandingan persahabatan Barca per musim yang tidak harus di Qatar. Sementara itu, rekor sebelumnya dipegang Manchester United dan Liverpool. MU yang menggandeng AON dan Liverpool dengan Standard Chartered menerima bayaran 23,6 juta euro per musim.(DIM/Reuters)

sumber : http://id.news.yahoo.com/lptn/20101210/tsp-barca-pecahkan-rekor-sponsor-55d8849.html

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...