skip to main | skip to sidebar

Pages

Jumat, 22 April 2011

"Audio Book" tentang Cara Mengasuh Anak



Pilihan orangtua bekerja bisa diseimbangkan dengan peran ayah dan ibu di keluarga. Anda dan suami tak harus meninggalkan karier dan pekerjaan, jika tujuannya untuk mendampingi tumbuh kembang anak. Banyak cara yang bisa dipilih dan dijalankan untuk menjadi orangtua modern yang lebih bijak dan sukses di ranah publik maupun keluarga.

Ilmu parenting bisa membantu orangtua bekerja mengatasi berbagai dilema tersebut. Bahkan kini untuk menggali ilmu dari pakar semakin beragam. Selain melalui buku-buku, kini hadir juga audio book dalam format talkshow bersama psikolog dan pakar komunikasi.

Lembaga pendidikan public speaking, TALK-inc, merilis Audio Book Talk-inc for Parents. Pendiri TALK-inc, yaitu psikolog Alexander Sriewijono, bersama praktisi komunikasi Erwin Parengkuan dan Becky Tumewu, tergerak untuk menghadirkan audio book untuk orangtua masa kini ini. Ketiga profesional yang juga berstatus orangtua ini merasa perlu membagi pengalaman, berupa talkshow yang dikemas dalam keping cakram (CD).

Erwin menjelaskan, dua tahun silam, TALK-inc merilis paket buku yang terbagi dua TALK-inc for Parents, dan TALK-inc for Kids. Paket buku ini memandu orangtua untuk berkomunikasi dan menjadi sahabat bagi anak. Anak pun dilatih mengenai nilai dan kemampuan mengungkapkan pendapatnya melalui buku tersebut. Prinsipnya, keluarga perlu membangun komunikasi terbuka, dan orangtua adalah sebagai pemimpinnya.

"Audio book ini lebih kepada refreshment, warning, mengingatkan orangtua mengenai nilai-nilai yang harus dikomunikasikan kepada anak. Kuncinya adalah orangtua membangun komunikasi terbuka dengan anak. Sedangkan buku, pendekatannya berbeda, meski pesan yang disampaikan serupa. Audio book lebih membidik orangtua, karena kemampuan mendengarkan pada anak-anak belum menonjol. Meski ada fungsi yang tak tergantikan dari format buku, audio book ini juga punya kekuatan dan pendekatan tersendiri," jelas Erwin dalam peluncuran Audio Book TALK-inc for Parents di TALK-inc, Jakarta, Rabu (13/4/2011) lalu.

Menurut Erwin, konsep audio book membuat pesan lebih mudah diserap orangtua sekaligus menjadi pengingat bagi mereka. Kesibukan orangtua bekerja kerapkali membuat ayah dan ibu melupakan hal penting yang ingin dilakukan bersama anak-anak. Obrolan hangat bersama pakar di audio book ini menjadi pengingat bagi orangtua untuk selalu mengerjakan "pekerjaan rumah" tersebut.

Becky menambahkan, dari enam bab yang terdapat di buku, audio book ini mengambil lima bagian yang disampaikan dalam format talkshow. Becky, Erwin, dan Alexander membahas lima topik dalam audio book yang terkesan seperti sedang mendengarkan bincang-bincang radio bersama pakar. Buku audio ini mengajak orangtua mengasah kemampuan komunikasi untuk mengenalkan dunia sekitar kepada anak, mengajarkan anak rasa percaya diri dan bersyukur, mengajarkan aturan berbicara pada anak, idola, dan cita-cita dari sudut pandang positif.

Untuk melatih pikiran Anda melalui media suara, audio book berdurasi 52 menit ini perlu didengar berulang sebanyak enam kali. Pengalaman perenting yang Anda dapatkan akan lebih maksimal, apalagi budaya kebanyakan orang Indonesia lebih senang mendengar dibandingkan membaca. Audio book ini dijual terpisah dari bukunya, dengan harga Rp 25.000. Sedangkan harga paket buku Rp 125.000.

Setiap individu punya pilihan cara berbeda. Jika suka membaca, buku pilihannya. Namun, jika tak sempat membaca dan Anda lebih senang mendengarkan orang lain berbicara, audio book ini praktis didengarkan kapan saja dan di mana saja. Tak ada waktu terbuang percuma, saat terjebak macet sepulang kerja misalnya. Anda bisa mengasah diri menjadi orangtua yang lebih terbuka dengan mendengarkan Erwin, Becky, Alex berbincang seputar parenting kapan saja Anda mau.

sumber : http://female.kompas.com/read/2011/04/14/08574592/.Audio.Book.tentang.Cara.Mengasuh.Anak

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...