skip to main | skip to sidebar

Pages

Minggu, 22 Mei 2011

Menteri Pertanian Luncurkan Cyber Extension Penyuluhan



Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, Kementerian Pertanian mengembangkan sistem informasi penyuluhan pertanian melalui sarana cyber extension.

Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono, MMA disela temu teknis penyuluhan pertanian telah melakukan launching cyber extension sebagai sarana penyebaran informasi bagi penyuluh pertanian khususnya dalam penyediaan materi penyuluhan guna membantu penyuluh, petani, dan pelaku usaha dalam mengatasi keterbatasan bahan informasi pertanian.

Tahun 2010, Kementerian Pertanian telah mendistribusikan 1.000 unit sarana cyber extension berupa komputer PC, printer dan modem kepada kelembagaan penyuluhan yang ada di tingkat provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

Diharapkan, dengan tersedianya sarana cyber extension di Balai Penyuluhan tersebut, para penyuluh di lapangan dapat mengakses bahan informasi teknologi pertanian, khususnya teknologi tepat guna sebagai materi penyuluhan secara lebih cepat, murah dan efisien. Teknologi tepat guna tersebut selanjutnya disosialisasikan kepada para petani, kelompok tani, dan gabungan kelompoktani untuk diaplikasikan di lapangan, sehingga produksi dan produktivitas pertanian dapat ditingkatkan sesuai target yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian.

Dijelaskan Mentan, meskipun unit sarana cyber extension belum dapat menjangkau seluruh wilayah kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan seluruh Indonesia, namun Kementan tetap berupaya memenuhi kekurangan sarana yang ada dengan menjalin kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Infomatika dalam hal pemanfaatan sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi. Biro Umum dan Humas

sumber : http://www.deptan.go.id/

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...