skip to main | skip to sidebar

Pages

Minggu, 22 Mei 2011

Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam (PKA) Wana Lestari Tahun 2011 Lebih Fokus pada Tupoksi Penyuluhan Kehutanan



etiap tahun Kementerian menyelenggarakan Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam (PKA) Wana Lesatari. Lomba ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat, pelaku usaha, dan pemerintah yang telah berprestasi dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan rehabilitasi lahan dan konservasi sumber daya alamsecara swadaya. Penilaian lomba PKA dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Pada tahun 2010 penyelenggaraan Lomba PKA Wana Lestari mengacu pada Permenhut No: P.16/MENHUT-II/2010 tanggal 6 April 2010 tentang Pedoman Umum penilaian Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Wana Lestari.

Guna menyiapkan penyelenggaraan Lomba PKA Wana Lestari Tahun 2011, maka dengan memperhatikan kondisi yang berkembang saat ini antara lain bahwa selain Lomba PKA Wana Lestari juga terdapat jenis lomba lainnya yang diselenggarakan oleh Unit Eselon I Kementerian Kehutanan lainnya, yaitu Lomba Gubernur/Bupati Peduli Obit (Ditjen BP DAS dan Perhutanan Sosial) serta apresiasi pelaku usaha peduli kehutanan (Ditjen BUK), dan berdasarkan hasil evaluasi terhadap peran serta pada masing-masing kategori, maka dilakukan penyempurnaan Permenhut No: P.16/MENHUT-II/2010 dimaksud.

Hasil penyempurnaan Permenhut dimaksud antara lain mengenai kategori lomba. Kategori yang dilombakan pada tahun 2011 lebih difokuskan pada kategori lomba yang merupakan tugas pokok penyuluhan. Pada tahun 2010 jumlah kategori yang dilombakan sebanyak 24 kategori, maka pada tahun 2011 jumlah kategori yang akan dilombakan sebanyak 16 kategori, yaitu : 7 kategori menjadi tanggung jawab Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kehutanan, 4 kategori menjadi tanggung jawab Ditjen PHKA, dan 5 kategori menjadi tanggung jawab Perum Peerhutani.

Kategori yang menjadi tanggung jawab Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kehutanan dibiayai melalui DIPA Pusat Pengembangan Penyuluhan, meliputi 7 kategori, yaitu :

1. Penyuluh Kehutanan,
2. Kelompok Tani Hutan/Penghijauan (KTH/KTP),
3. Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM),
4. Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM),
5. Desa/Kelurahan Peduli Kehutanan,
6. Kontes Pohon Sengon,
7. Kontes Pohon Gmelina.

Kategori yang menjadi tanggung jawab Ditjen PHKA dibiayai oleh Ditjen PHKA, meliputi 4 kategori, yaitu :

1. Kade Konservasi Alam,
2. Kelompok Pecinta Alam,
3. Polisi Kehutanan,
4. Penyidik Pegawai Negeri Sipil.

Kategori yang menjadi tanggung jawab Perum Perhutani dibiayai oleh Perum Perhutani, meliputi 5 kategori, yaitu :

1. BKPH
2. RPH
3. Mandor Pendamping PHBM,
4. LMDH
5. Mandor Tanam

Guna menyamakan persepsi dengan penyelenggara lomba di daerah telah dilakukan sosialisasi Lomba PKA Wana Lestari di 4 regional pada Rapat Regional Pembangunan Kehutanan yang bekerjasama dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Kehutanan Wilayah I, II, III dan IV. Diharapkan pada Bulan April 2011 penilaian Lomba PKA di daerah sudah dapat dilaksanakan. (Bid Programa -Pusbangluh)

sumber : http://bp2sdmk.dephut.go.id/

Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...